Tidak Lanjuti Program Walikota, Kencana Gencar Buat Lubang Biopori

BOGORnews, Program pembuatan satu juta Lubang Resapan Biopori (LRB)  yang dicanangkan Walikota Bogor Bima Arya, ditindaklanjuti oleh Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Setiap Jum’at aparat Kelurahan dan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) membuat LBR  di wilayah Kelurahan tersebut.Dari satu juta LRB yang ditargetkan Walikota sampai bulan Desember, Kita berharap di wilayah Kelurahan Kencana bisa dibuat sekitar 200 LBR,” kata Lurah Kencana Syafei R, di Kantornya (13/6/2014).

Syafei mengatakan, sejak dicanangkannya pembuatan LBR oleh walikota Bogor, sekitar 30 LBR telah dibuat di Kelurahan Kencana,  “ Kita membuat LBR baru disekitar Kantor Kelurahan, “ ujar Syafei.

Ia mengatakan, pembuatan LRB akan dilakukan secara terus menerus. “ Kita telah mengirimkan himbauan ke 13 RW yang ada di wilayah Kelurahan Kencana untuk secara rutin melakukan aksi kebersihan setiap jumat atau lebih dikenal gerakan Jum’at Bersih (Jumsih).  Dalam kegiatan tersebut sekaligus diminta untuk membuat LBR di setiap lingkungan RW,  “ kata Syafei.

Seperti diketahui LRB di perkenalkan oleh Kamir R. Brata dari Institut Pertanian Bogor Alat pelubang biopori tersebut untuk motivasi  masyarakat  peduli terhadap lingkungan khususnya dalam mencegah banjir.

Dibagian lain Syafei  mengatakan, pihaknya juga telah  menerjunkan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) ke setiap rumah penduduk, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit demam berdarah.   “ Puluhan Jumantik yang merupakan para kader Posyandu kita tugaskan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk mengecek sarang – sarang nyamuk “ ujarnya.

Syafei optimis  program yang dicangkan oleh Pemerintah Kota Bogor tersebut akan bisa terealisasi. “Kita berharap kesadaran warga akan lingkungan bisa terus  meningkat,”pungkasnya. (redaksi)  

Teks Foto : L:urah Kencana Syafei R dan aparat Kelurahan saat membuat LRB di seklitar Kantor Kelurahan    

Leave a Comment