Sup Ayam Gingseng Dari Korea

Di Korea Selatan, sudah merupakan budaya untuk mengobati suatu penyakit dengan makanan atau minuman tertentu. Beragam rempah dan tanaman herbal digunakan dalam pembuatan makanan atau minuman untuk mengobati penyakit-penyakit yang umum diderita seperti demam, flu dan batuk.

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan masyarakat Korea karena manfaatnya seperti memberikan stamina, menurunkan tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Ginseng juga bermanfaat dalam meningkatkan memori otak hingga menyembuhkan impotensi.

Disarikan dari laman Korean Food, hidangan yang paling umum dikonsumsi untuk meredakan rasa lelah atau menyembuhkan flu dan batuk ialah sup ayam ginseng. Ayam dimasak dalam bentuk utuh dengan isian beras, ginseng, bawang putih dan jahe.

Tak ada salahnya untuk mempelajari resep Korea Selatan yang satu ini. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapat di pasar atau supermarket terdekat.

Bahan-bahan :
2 ekor ayam utuh ukuran kecil
2 buah ginseng kering
7-8 kacang chestnut atau kastanye, kupas
9-10 kurma kering
1-2 cangkir beras
8 siung bawang putih, kupas
1/4 inchi jahe, kupas dan iris dua
9 cangkir air
2 batang daun bawang, iris tipis
Garam
Lada

Cara memasak :

  • Bersihkan ayam dengan mencucinya hingga benar-benar bersih dan buang lemak berlebih, namun jangan buang bagian kulitnya.
  • Isi ayam dengan beras, kacang chestnut dan bawang putih. Gunakan tusuk gigi untuk membantu memasukkan bahan-bahan tadi ke dalam ayam.
  • Masukkan ayam, ginseng, kurma, jahe dan air ke dalam panci berukuran besar.
  • Masak diatas api sedang hingga air mendidih lalu kecilkan api. Masak dengan api kecil selama 1,5 hingga 2 jam atau sampai daging ayam dapat dilepas dengan mudah dari tulang. Jangan memasaknya lebih dari 2 jam karena daging ayam akan menjadi terlalu lembek.
  • Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  • Tuangkan sup ke dalam mangkuk dan sajikan dengan irisan daun bawang di atasnya.

Pastinya nikmat jika dimakan saat masih hangat terlebih disaat musim hujan atau saat bersama keluarga saat berkunjung kewilayah yang suhunya dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button