Sensitivitas Polisi Dalam Tangani Problem Sosial Lemah

Jakarta – Penangan kasus-kasus dengan nilai kerugian kecil yang menjadi sorotan publik, dinilai memperburuk citra kepolisian. Polri diminta agar lebih sensitiv terhadap masalah sosial di masyarakat, terutama kelas bawah.

"Senstivitas petugas aparat dalam menangani problem sosial masyarakat lemah. Karena mereka lebih diajarkan hukum normatif," kata aktivis HAM Haris Azhar, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (11/1/2012).

Haris menuturkan, sikap polisi yang tidak peka terhadap masalah sosial di masyarakat, diakibatkan karena kualitas perekrutan aparat polisi yang buruk. Haris menuding, bahwa polisi lebih tajam terhadap hukum yang menjerat masyarakat miskin.

"Mereka miskin dalam segala hal, miskin dalam bantuan hukum, dan informasi. Itulah yang membuat polisi lebih tajam terhadap kasus-kasus kecil ini, mereka lebih gampang ditekan," ungkap Koordinator LSM KontraS ini.

Aktivis HAM ini, malah berbalik menantang Polisi. Menurutnya, apakah seorang polisi berani menangkap seorang pengusaha yang melanggar lalu lintas.

"Kalau kasus seperti ini terus terjadi, saya yakin mindset buruk terhadap aparat akan terus bertambah dari kalangan masyarakat," tutup Haris. (mpr/mpr)/detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button