SDN Polisi 4 Bogor Menuju Sekolah Standar Nasional

BOGORnews, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Polisi 4 Kota Bogor siap menjado Sekolah Standar Nasional (SSN).  Untuk menuju ke arah itu Tim verfikasi SSN dari Dinas  Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan verifikasi langsung ke sekolah tersebut.   Kedatangan Tim verifikasi Jabar itu, diterima langsung Kepala SDN Polisi 4 Yayah Komariah, bersama para unsur pendidik, Kamis (19/6/2014). H. Asep Sodikin salah satu anggota tim verifikasi menjelaskan, ada sekitar 10 SD di Kota Bogor yang dikunjunginya.  Selain SDN Polisi 4, juga  SDN Bantarjati 9 dan SDN Sindangsari  di Kecamatan Bogor Utara, SDN Gunung Batu 1 dan 2 di Kecamatan Bogor Barat, serta SDN Papandayan dan SDN Polisi 4 di Kecamatan Bogor Tengah.

Asep menyebutkan, dari 7 kriteria yang ditetapkan, SDN Polisi 4 sekurangnya sudah memenuhi 4 unsur yakni, akreditasi, nilai minimal kelulusan 2 tahun terakhir, luas lahan dan serta kondisi pendidikan guru.  Namun ada 3 yang kurang memenuhi kriteria mulai dari tidak adanya doble shift, jumlah ruang kelas belajar (RKB), dan jumlah rombongan belajar.

“Untuk akreditasi, sudah melampui, syarat minimal B, SDN Polisi 4, A, nilai minimal ujian  dua tahun terakhir, 6, 5, kondisi guru lebih dari yang disyaratkan, serta luas lahan juga memenuhi standar,” urainya.

Dia memahami kriteria yang kurang memenuhi tersebut di luar kemampuan dan kewenangan pihak sekolah, seperti jumlah RKB, rombongan belajar dan sistim doubles shift. Namun demikian Asep berjanji akan merekomendasi SDN Polisi 4 menjadi SSN, karena selain 3 kriteria tersebut di luar kewenangan fihak sekolah juga ada pembelajaran positif dan nilai lebih yang tidak pernah didapatkan di sekolah-sekolah lain di Jawa Barat.

Seperti, upaya menanamkan disiplin kepada siswa yang dijalankan melalui lagu, sistim komunikasi yang dibangun antara Kepala Sekolah, dewan guru dan murid yang begitu aktif dan harmonis melalui slogan yang sangat mendidik dan mudah diingat oleh semuanya

Selain itu, kata Asep, pihaknya akan merekomendasikan kepada Pemprov. Jawa Barat untuk pembanguna RKB bagi SDN Polis 4.  “ Kami juga akan  meminta Pemkot Bogor untuk mengklarifikasi kekurangan yang ada di SDN Polisi 4.

Sementara itu Kepala SDN Polisi 4, Yayah Komariah optimis Sekolah yang dipimpinnya akan mendapatkan label SSN. Sebab kekurangan yang ada hanya di di luar kewenangan dan kemampuan sekolah.

“InsyaAllah, kami yakin dan tetap berdoa, kalau sekolah kami mendapatkan predikat sekolah standar nasional,” kata Yayah yang pernah menghantarkan SDN Bantarjati 9 Kota Bogor meraih Adiwiyata Mandiri.

Dalam acara penerimaan tersebut Tim Verifikasi dari Jawa Barat  disuguhi, beberapa lagu yang dipimpin langsung oleh Kepseknya, Yayah Komariah, mulai dari Padamu Negeri, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dan Terimakasih Guruku,“Saya merasa sangat terkesan dan terharu,”pungkas  Haeruman sakah satu anggota Tim verifikasi lainnya. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button