Sarapan Pagi Dan Manfaatnya

Mungkin anda adalah salah satu atau kebanyakkan orang yang selalu sarapan pagi setiap harinya. Atau anda termasuk orang yang malas sarapan pagi. Nah pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi informasi manfaat sarapan pagi kesehatan tubuh kita, diantara nya :

  • Sarapan pagi dapat menetralisir asam lambung yang keluar semalaman saat kita tidur sehingga mencegah penyakit gastritis (maag).
  • Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi puasa, dengan catatan makan malam jam 10 malam. Ini menguntungkan bagi orang-orang dengan kecenderungan diabetes atau yang sudah menderita diabetes
  • Sarapan pagi memberikan nutrisi pada otak dan seluruh tubuh kita untuk melakukan kegiatan pagi sampai siang hari sehingga tidak ada istilah lemas, lemot atau telmi (telat mikir) karena bahan bakar tubuh terpenuhi.
  • Sarapan pagi melangsingkan tubuh. Ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa orang yang selalu sarapan pagi dengan menu yang tepat menjadi lebih langsing daripada kelompok yang sering melewatkan sarapan. Alasannya metabolisme tubuh tetap terjaga tidak turun dan mencegah makan berlebihan saat makan siang.

Sedangkan manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah adalah :

Sehat secara fisik dan psikologi

Dengan makan sarapan, kita sebenarnya seperti berbuka puasa setelah beberapa waktu sejak makan malam. Pada saat kita bangun di pagi hari, semua energi kita sudah habis, sehingga kita perlu untuk mendapatkan energi yang baru untuk melalui rutinitas sehari-hari. Pelajar yang tidak makan atau melewatkan sarapan rutin, berisiko tinggi mengembangkan gastroenteritis dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, pelajar yang harus menghadapi banyak tantangan di sekolah dengan perut yang kosong mungkin bisa menghambat kemajuan mereka. Telah diteliti bahwa anak-anak yang tidak sarapan sebelum ke sekolah memiliki masalah seperti, sakit kepala, mengantuk, sakit perut, kelelahan, Ketidaktegasan, mudah marah, kecemasan, iritabilitas, kurang bahagia, gugup, lesu, dll . beberapa masalah lain yang dapat dilihat pada siswa yang melewatkan sarapan mereka . Masalah fisik dan psikologis seperti memiliki kemampuan untuk menghambat proses belajar anak .

Menjaga kesehatan

Sarapan untuk anak-anak sekolah akan membantu proses belajar mereka secara keseluruhan. Kesibukan Pelajar di sekolah tidak hanya harus mempelajari beberapa mata pelajaran yang berbeda, tetapi juga harus melakukan kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga. Untuk kegiatan seperti ini, mereka membutuhkan energi yang berasal dari sarapan. Selain itu, makan pagi secara rutin juga akan membantu mengelola berat badan, sehingga dapat mengurangi risiko obesitas anak. Hal ini karena anak yang tidak sarapan cenderung memilih jajanan disekolah, yang kebanyakan instan dan tidak menyehatkan.

 
Meningkatkan konsentrasi saat belajar disekolah
Pelajar yang terbiasa makan sarapan telah terbukti memiliki konsentrasi yang lebih baik selama mengikuti pelajaran, daripada pelajar yang tidak sarapan. Sarapan juga bermanfaat untuk meningkatkan memori pelajar, sehingga mereka mampu mengingat dan mengambil informasi yang disampaikan disekolah dengan cepat serta akurat. Bahkan kemampuan pemecahan masalah mereka juga meningkat jika sarapan secara teratur.

Hasil test lebih baik
Penelitian telah menunjukkan bahwa ada kaitan secara langsung antara sarapan dan hasil tes. Hal Terlihat bahwa siswa yang sarapan secara teratur mendapatkan skor test lebih baik, daripada siswa yang tidak sarapan. Sarapan yang sehat menawarkan ¼ dari kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, sehingga ada kemungkinan bagi anak-anak untuk tidak makan-makanan yang tidak sehat. Justru sebaliknya, anak-anak cenderung memilih makanan yang sehat serta bergizi dimasa depan mereka.

 
Sarapan Sehat
Yang tak kalah pentingnya adalah kita harus tahu makanan apa yang sehat dan terbaik untuk sarapan. Meskipun karbohidrat berguna untuk menyediakan energi bagi tubuh, namun perlu diperhatikan bahwa sarapan yang baik itu tidak hanya makan karbohidrat. Makanan untuk sarapan harus mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan, termasuk protein, kalsium, vitamin B6, vitamin A, zinc dan zat besi. Dan yang juga perlu dipastikan adalah makanan sarapan harus sedikit natrium, garam dan gula. Sarapan sehat standard harus tidak kurang dari sereal, susu dan buah-buahan. Ada banyak resep sarapan yang sehat dan mudah untuk dihidangkan, serta lezat dan disuai anak-anak.

Buah-buahan harus menjadi bagian dari makanan anak-anak  setiap. Buah-buahan segar seperti, jeruk, pisang, anggur, pepaya, mangga, buah pear, apel, buah kiwi, dll adalah pilihan buah yang baik diantara makanan sarapan. Buah bisa disajikan dengan secangkir yogurt dan sereal.  Sementara itu pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal yang disajikan hangat. Membuat omelet sayuran yang disajikan dengan susu rendah lemak atau jus jeruk bisa menjadi ide yang baik untuk sarapan. Anak-anak juga bisa makan wafel gandum yang disajikan dengan keju ricotta, selai kacang dan buah-buahan. Selain itu, resep sarapan tradisional juga baik disajikan. Nasi dengan lauk lengkap dengan telur, sayur atau ikan juga bisa disajikan sebagai sarapan yang sehat. Baca juga manfaat makan telur saat sarapan

Semoga Anda sukses membuat anak Anda mengerti akan kebutuhan sarapan. Menanamkan pentingnya kebiasaan makan sarapan pada anak-anak  tidak hanya akan membantu mereka saat sekolah hingga mahasiswa saja, tetapi juga dalam kehidupan dimasa depan mereka sebagai orang dewasa.

Leave a Comment