Sambut HJB ke 532, Ibnu Sina Obati Warga Kencana Tanah Sareal

BOGORnews, Klinik Ibnu Sina milik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor, Selasa (27/5/2014) mendatangi warga di RW 01 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.
Kehadiran Klinik Ibnu Sina untuk memberikan pengobatan gratis kepada warga  miskin (Gakin) yang membutuhkan.  Kegiatan yang dilakukan BAZNAS Kota Bogor digelar dalam rangkaian menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke 532 yang akan diperingati 3 Juni mendatang.Pengobatan gratis Klinik Ibu Sina BAZNAS tersebut dibuka Lurah Kencana Kecamatan Tanah Sareal Syafei R, dan dihadiri Ketua BAZNAS Kota Bogor Chotib Malik.

Dalam pengobatan yang dibuka mulia pukul 09.00  pagi hingga pukul 12.00 siang, mendapat sambutan luar biasa dari warga setempat, bahkan sejak pagi hari mereka berbondong–bondong mendatangi lokasi pengobatan yang dipusatkan di halaman Masjid Assyurofa  RW 01 Kelurahan Kencana.

Pengobatan gratis yang dilakukan oleh Klinik Ibnu Sina ditangani oleh dua orang dokter yakni dr. Popy Kusumadewi, dam dr.Dinar Yuanita, dan  beberapa paramedis lainnya.

Ketua Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian BAZNAS Kota Bogor Rully Indrawan mengatakan, kegiatan ini bukan yang pertama kalinya, namun sudah sering kali dilakukan dengan lokasi berpindah-pindah.   Dalam rangkaian  memperingati HJB ke 532, kami sudah membuat jadwal kegiatan pengobatan gratis, “ kata Rully.

Menurut Rully, sebelumnya Ibnu Sina mendatangi Kelurahan Ciparigi dan Kelurahan Tanah Baru Kecamatan Bogor Utara, “ Nanti, setelah  mendatangi Kelurahan Kencana, kita akan mendatangi Kelurahan Sukadamai Kecamatan Tanah Sareal dan di Lapas Paledang, “ ungkapnya.

Rully menyebutkan, sasaran pengobatan ke wilayah perkampungan, selain karena  banyak  warga  miskin, juga jauh dari jangkauan dari Puskesmas. “Ternyata, warga gakin banyak sekali yang membutuhkan pengobatan, “ujarnya

Meskipun, diakuinya untuk biaya berobat ke Puskesmas mampu membayarnya, Tapi, untuk ongkos transportasi sangat kesulitan, makanya, mereka menyambut gembira dengan didatangi langsung ke lokasi wilayahnya.

Apalagi, di pelosok perkampungan yang bisa mereka mengunakan kendaraan ojek. Untuk membayar Puskemas Rp3000 mereka pasti mampu, Tapi, untuk naik ojek harus mengeluarkan kocek lebih besar yakni antara Rp 5000 sampai Rp 10 ribuan, sehingga mereka sangat kesulitan, “ tutur  Rully.

Rully mengatakan, dalam setiap melakukan pengobatan pihaknya mentargetkan 120 pasien dengan disiapkan kopon yang disebarkan melalui RT dan RW setempat. “Namun, demikian kita masih memberikan toleransi dengan tambahan 30 kupon, sehingga setiap kali melakukan pengobatan tidak kurang 150 pasien yang dilayani,” ungkapnya.

Kebanyakan pasien – pasien yang mendapat pengobatan  Klinik Ibnu Sina,  seperti penyakit  demam, dan darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya yang diderita masyarakat.

Sementara itu, Lurah Kencana Syafei R  menyambut gembira dengan adanya Klinik Ibnu Sina BAZNAS  yang mendatangi langsung warganya. “Kami merasa terbantu dengan adanya pengobatan gratis ini, “ kata Syafei

Karena itu,  Syafei berharap, agar kegiatan pengobatan gratis ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja, tapi bisa berlanjut, ke wilayah-wilayah RW lainnya yang ada di Kelurahan Kencana.

Selain itu, lanjut Safei, pihaknya berharap kepada BAZNAS Kota Bogor untuk bisa menyalurkan dana BAZ lainnya untuk membantu  para guru ngaji, dan anak-anak dari Keluarga miskin yang membutuhkan biaya pendidikan,  “Kita sangat  berharap kepada BAZNAS Kota Bogor untuk bisa  menyalurkan bantuan lainnya kepada warga Kencana, “ imbuhnya.(redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button