Sambut HJB, 532 Totopong Bakal dibagikan Gratis

BOGORnews, == Menjelang Hari Jadi Bogor  (HJB) ke 532, sedikitnya  532 buah totopong (ikat kepala) bakal dibagikan gratis  oleh seniman dan budayawan Bogor disejumlah titik baik Kota maupun Kabupaten Bogor.

Pembagian ikat kepala dari kain batik sebanyak 532 sesuai (HJB) ke 532 yang akan diperingati 3 Juni mendatang.

Arman Yusuf salah satu seniman Bogor mengatakan,  totopong sebanyak 532 buah bakal disebar dibeberapa titik  di Kota Bogor, diantaranya di pertigaan Warung Jambu, Ekalokasari sementara di wilayah Kabupaten Bogor, di sekitar Komplek Pemkab di Cibinong.  Selain, berbagi totopong, para seniman juga akan  menggelar pawai obor, mulai dari Tugu Kujang hingga ke Balaikota.

Mengenai waktunya, kata Arman, masih menunggu jadwal resmi dari Panitia HJB Kota Bogor. “Kitakan sifatnya mendukung  panitia yang sudah ada, agar HJB lebih meriah, dan ini salah satu bukti kecintaan terhadap Bogor,”ungkapnya dalam  acara silaturahim budayawan dan seniman di Gedung BKPP Jalan Ir. Juanda, Bogor Tengah Kota Bogor.

Dia berharap dengan dibagikannya totopong akan ada ciri khusus, bahwa Bogor sedang memeriahkan hari jadinya.  Dibalik totopong  yang akan dibagikan, akan ada tulisan sekilas tentang sejarah Bogor,  khususnya ditetapkannya, tanggal 3 Juni oleh almarhum Drs. Saleh Danasasmita dan ajakan menggunakan totopong di hari “H”nya.

Sebetulnya, kata Arman, kegiatan tersebut sebenarnya merupakan kegiatan lanjutan dari tahun sebelumnya, namun pada waktu itu hanya dibagikan disekitar  Tugu Kujang.

“InsyaAllah untuk tahun  ini akan lebih tersebar lagi.   Kami berharap dengan adanya pembagian totopong, masyarakat  menjadi tahu tentang  hari jadi kota dan kabupatennya, “ katanya.

Sekedar  mengingatkan, pada peringatan HJB ke 531 tahun 2013 lalu, sejumlah senima dan budayawan, diantaranya Dadang HP, Wahyu Kujang serta yang lainnya membagikan totopong sebanyak 531 di Tugu Kujang Kota Bogor. (redaksi)

 
Teks Foto : Dok HJB ke 531 tahun 2013 lalu, Budayawan menyerahan totopong kepada Sekda Ade Sarip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button