Resep Sambal Kaluku Khas Ujung Pandang

Resep Sambal Kaluku Khas Ujung Pandang – Pernahkah anda mendengar tentang resep sambal kaluku? Untuk anda yang berdomisili di daerah ujung pandang pasti sudah tak asing lagi dengan resep sambal ini. Nah untuk anda yang belum pernah mendengar tentang resep sambal kaluku ini tak perlu khawatir karena akan kita bahas kali ini. Resep sambal kaluku merupakan resep sambal khas dari kota ujung pandang. Seperti halnya resep sambal roa, resep sambal kaluku ini juga terbuat dari ikan sebagai bahan olahan utamanya. Hanya saja ikan yang digunakan pada resep sambal kaluku ini adalah ikan gabus sehingga memberikan citarasa yang khas.Di kota ujung pandang resep sambal kaluku bisanya disantap bersama dengan  buras, yaitu resep masakan sejenis lemper. Tetapi resep sambal kaluku ini juga enak disantap dengan resep masakan lain seperti aneka resep ayam, ikan, seafood hingga gorengan beserta nasi hangat. Untuk anda yang tinggal di luar kota ujung pandang, berikut kami sajikan resep sambal kaluku untuk anda coba di rumah.

Bahan :
200 gram kelapa muda parut
75 gram ikan gabus asin, dagingnya blender
10 buah cabai merah keriting, diiris halus
2 siung bawang putih, dihaluskan
5 butir bawang merah, dihaluskan
2 tangkai daun seledri, diiris halus
5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, diiris halus
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :

  1. Campur kelapa parut, ikan gabus asin, cabar merah keriting, bawang putih, bawang merah, daun seledir, daun jeruk, garam, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Sangrai di atas api kecil sampai kekuningan.
  3. sambal kaluku siap disajikan.

Menarik bukan resep sambal kaluku di atas, cocok untuk anda yang selalu ingin mencoba resep-resep baru. Selamat mencoba.

Leave a Comment