Rp 1,2 Triliun Untuk Bangun Waduk Ciawi dan Sukamahi

BOGORnews,== Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembebasan lahan untuk pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di Jawa Barat akan dimulai tahun ini dengan anggaran sekitar Rp1,2 triliun.

"Yang jelas bendungan (waduk) Ciawi dan Sukamahi dimulai pembebasan tanahnya, tahun depan langsung fisiknya, ini perkembangan yang sangat bagus sekali. Pembebasan tanah kira-kira Rp1,2 triliun," ujar Joko Widodo di BalaiKota, Jakarta, Senin (20/1/2014)

Menurut dia, Waduk Ciawi akan dibangun dengan tinggi 40 meter sedangkan Waduk Sukamahi dibangun setinggi 30 meter.
"Iya kalau gak dimulai-mulai, ini sudah berapa tahun loh, ini sudah sejak 10-12 tahun lalu," kata dia.

Ia mengutarakan hal tersebut dilakukan semata-mata demi kepentingan masyarakat Jakarta untuk mengantisipasi banjir yang kerapkali melanda ibu kota setiap tahunnya.

"Sama saja, itu gampangnnya gini loh, kita kemarin juga hibah ke sana. Hibah berapa kemarin ada yang Rp2 miliar, Rp4 miliar ya kan. Ya sama saja, ini kan hibah juga, biar yang ngerjain sana," ujar dia ketika ditanya bahwa untuk lokasi kedua waduk itu bukan di wilayah DKI Jakarta.

Ia mengatakan meskipun lokasi pembangunan dua waduk tersebut bukan di wilayah DKI, itu tidak menjadi masalah karena itu termasuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Jangan urus-urus yang masalah gitu loh, ini kan NKRI, kita NKRI jangan terkotak-kotak," ucap dia.

Terkait anggaran pembangunan dua waduk, ia mengatakan akan dianggarkan pada APBD 2014. "Belum semuanya dimasukin ke dalam anggaran mungkin awal. Ya baru kira-kira 200-an, kalau perlu tambahan tahun depan ditambahin. Berjalan, tapi kan sudah bisa berjalan kan fisiknya. Kalau lahannya sudah dibebaskan," ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mohamad Hasan mengatakan pembangunan fisik Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi ditargetkan pada 2015. "Kedua waduk ini telah dilakukan desain awal, dan saat ini tengah dilakukan detail design. Tahun 2015 mendatang ditargetkan kedua waduk ini akan mulai dibangun dengan anggaran sekitar Rp1,9 triliun," ujar dia. (ant)

 
 
Teks Foto : Suasana Rakor membahas banjir yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan  di Bendung Katulampa Bogor Timur Kota Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button