Ribuan Warga Saksikan Cap Go Meh dan Street Festival

Ru’yat Jadi  Pemain Reog Ponorogo

BOGORnews,== Ribuan warga Kota Bogor menyemut di Jalan Suryakencana Kota Bogor,  untuk menyaksikan Cap Go Meh dan Street Festival 2014.  Karnaval budaya tahunan menjadi magnet masyarakat.

Perhelatan Cap Go Meh dan Street Festival 2014 dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai simbol persatuan. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa dari 5 pemuka agama yang berbeda.
    
Pesta rakyat yang sudah menjadi agenda  pariwisata tahunan di Kota Bogor ini, diihadiri Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat, dan Walikota Bogor terpilih Bima Arya Sugiarto serta sejumlah dari dari perwakilan dari Kementerian terkait maupun dari Provinsi Jawa Barat.

Menariknya lagi, Wakil Walikota Achmad Ru’yat juga ikut serta meramaikan atraksi seni reog ponorogo. Ru’yat jadi pemain reog ponorogo.  Pawai diawali iring-iringan dari berbagai komunitas asal Kota Bogor. Seperti iring-iringan dari kereta kuda hias, komunitas pecinta motor gede, drum band, komunitas sepeda onthel, barisan Paskibraka, Wayang Hilid persembahan sanggar Edas, Tari Jaipong, Kampung Budaya Sindang Barang, Obor Sakti, dan Paguyuban Bogor.

Selai itu ada atraksi Liong dan Barongsai yang dimainkan oleh anggota TNI Garuda Yonif Siliwangi 315. Liong yang meliuk-liuk berhasil membuat terpana ribuan warga.  Terlihat banyak warga yang mengabadikan atraksi Liong ini.

Kemudian disambung dengan arak-arakan Joli yang dibawa oleh ratusan anggota Vihara Dhanagun sebagai syarat utama dalam perayaan Cap Go Meh ini. Ada berbagai macam Joli yang diarak, seperti Joli Thian Lu, Joli Mpe Houw Ciong Kun, Joli Kongco Wan Kong, Joli Hok Tek dan Tjeng Sini.

Selain arak-arakan kesenian dari Vihara Dhanagun, beberapa vihara dari berbagai daerah juga turut berpartisipasi dalam acara kali ini, seperti Vihara Ban Tek Bio Bogor, Sheng Xin Than Jakarta, Sian Djin Ku Poh Tonjong dan Vihara Lao Tze Tangerang, hingga Biauw Leng Tong Jakarta. (redaksi)

 
Teks Foto : Wakil walikota Ahmad Ru'yat jadi pemain reog ponorogo

Leave a Comment