Relasi Disangka Tim Sukses Caleg, Masyarakat Minta Imbalan

BOGORnews, == Relawan Demokrasi (Relasi) yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor sering disangka sebagai tim sukses para Calon Legislatif (Caleg) saat bertugas mensosialisasikan pemilu kepala masyarakat, sehingga Relasi selau  kesulitan ketika berada di lapangan.

“Setiap Relasi  mendatangi masyarakat, tidak sedikit masyarakat menanyakan imbalannya.    Mungkin ini kebiasaan dari tim sukses para caleg  selalu menjanjikan imbalan berkaitan dengan uang, sehingga kami mengalami kesulitan ketika ada di lapangan, “ kata Thomas Kusnanrdar salah satu Relasi KPU Kota Bogor,  saat menyampaikan keluhannya dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Relasi di Cico Kelurahan Cimahpar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor, Sabtu (22/2/2014)

Thomas menuturkan pengalamannya saat mensosialisikan Pileg di satu Kelurahan di Kota Bogor “ Saat itu kami bicara hari “H”, yang akan dilaksanakan pada 9 April 2014,  dan bagaimana tata cara pencoblosan, Namun, belum tuntas kami  bicara, warga balik bertanya soal imbalan, ada uangnya, enggak,” tutur Thomas

Tidak hanya sekali saja, kata Thomas, setiap pihaknya mendatangi warga selalu menanyakan soal imbalan.  “ Warga menyangka kami tim sukses Caleg, yang mungkin mereka selalu menjanjikan imbalan uang, “ kata Thomas.
 
Pengalaman serupa juga dialami oleh Relasi-Relasi lainnya. “ Memang benar berdasarkan pengalaman kami dilapangan, selau saja ada sebagian warga yang menanyakan imbalan.  Ini menujukan masih rendahnya pendidikan politik di masyarakat, “ ujar D Dadang H. Padmadiredja.

Selain itu Dadang mengakui,  masih banyak para pemilih  yang belum mengenal sosok atau calon anggota  Legislatif yang akan dipilihnya. “Mereka masih bingung dan belum tahu siapa yang bakal dipilihnya, apalagi  dengan parpolnya,” kata dia.
 
Bimtek Relasi yang mengusung Tema Pendidikan Pemilih Pemilu Tahun 2014 Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Kota Bogor, dibuka Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Bogor Siti Natawati yang sekaligus menjadi nara sumber Bimtek

Selain itu materi Bimtek disampaikan  Komisioner KPU Bidang Perencanaan Anggaran dan  Logistik, Edy Kholki Zaelani,  Syamsudin, divisi teknik dan caetak, Ketua Panwaslu Kota Bogor, H. Rudy Rochyadi, serta dari akademisi.

Menjawab pertanyaan dari anggota relasi terkait sikap para caleg,  menurut Siti, sebaiknya anggota relasi memberi jarak yang sama dengan semua caleg dan parpol.  “Kita jangan dimanfaatkan, tapi kita yang harus memanfaatkan suasana tersebut agar tingkat partisipasi pemilih meningkat,”ujar Siti.

Sedangkan  Edy Kholki, berharap dengan adanya relasi tingkat partisipasi pemilih meningkat dari Pemilu sebelumnya. “Kalau Pemilu 2009 sekitar 76 persen, kita berharap pada Pileg 2014 bisa meningkat  77 persen, begitu pula  dalam  Pilpres nanti,” harapnya. (redaksi)

 
Teks Foto : Relasi saat mengikuti Bimtek dari KPU 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button