Ramaikan HJB, Ratusan Burung Adu Kehebatan Berkicau

BOGORnews, Mengoleksi burung berkicau saat ini banyak digandrungi kaum lelaki seperti jenis  burung cucakrowo, burung anis,dan burung kenari. Para pemilik burung berkicau  tersebut kerap mendatangi event-event lomba untuk memamerkan kicauan burung kesayangan mereka.Seperti pada Minggu  (8/6/2014) ratusan pecinta burung dari berbagi daerah, berkumpul dihalaman Kantor  Bakorwil Bogor  Jalan Ir. H. Juanda Bogor.  Mereka berdatangan dari berbagai daerah untuk mengikuti event lomba kicau burung tingkat nasional dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 532.

Suasana lomba ini cukup semarak, dengan kicauan ratusan burung, serta aksi para pemiliknya, yang berupaya memancing burung kesayangannya agar terus berkicau dengan suara lantang.

Banyak aksi lucu yang dipertontonkan para pemilik burung, saat memberi semangat burung mereka yang sedang berlomba. Maklum, karena saat lomba berlangsung sang pemilik tidak boleh terlalu dekat, sehingga mereka hanya melambaikan tangan, atau bersuara khusus agar didengar burung milik mereka. Sedangkan tim juri, dalam lomba akan menilai gaya, volume suara, dan irama lagu, masing-masing burung

Ratusan burung ini, sebagian besar sudah sering kali diikutkan di event-event serupa di kota-kota besar di tanah air. Tak heran, harga jual burung  ada yang mencapai lebih Rp 100 juta

Asisten Tata Praja Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman selaku Ketua Panitia Hari Jadi Bogor (HJB) ke-532 tahun 2014 mengaku rgembira karena lomba kicau burung tingkat nasional diselenggarakan di Kota Bogor,  bahkan peserta mencapai 1.500 orang yang merupakan pencinta burung dari berbagai daerah ditanah air.

“Lomba Kicau burung ini untuk memberikan aspresiasi kepada para pencinta burung, karena lomba  ini memiliki potensi dalam memajukan  kepariwisataan,“ kata Edgar.
Sementara itu Wakil Walikota Usmar Hariman mengatakan, melalui lomba kicau burung untuk menjalim silaturahim, dan yang lebih penting lagi  melestarikan jenis-jenis burung tertentu yang mungkin sudah langka.

“Jadi melestarikan jenis-jenis burung tertentu bisa saja dilakukan melalui lomba-lomba secara rutin.  “Beberapa hari lalu, Pak Walikota Bogor  secara simbolis telah melepas burung di kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) hal ini dilakukan  dalam upaya kelestarian lingkungan  “ punkas Usmar. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button