Pileg di Kota Bogor Berjalan Kondusif

BOGORnews, == Hingga rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif 2014 ini ditutup pelaksanaan Pemiliu Legislatif di Kota Bogorberjalan kondusif, aman tertib dan lancar,"

Alhamdulillah pelaksanaan Pileg di Kota Bogor telah berjalan aman dan kondusif, "kata  Kepala Polisi Resor Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang Purnama  di Hotel Pajajaran Suit, Minggu (20/4/2014) malam.

Kapolres menyebutkan, suksesnya pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 di Kota Bogor tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat, partai pemilu partai politik, Komisi Pemilihan Umum, Panwaslu dan Musyawarah Pimpinan Daerah setempat.

Menurut Kapolres, kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Bogor sudah terlihat sejak awal, mulai dari Pemilihan Gubernur, Pemilihan Wali Kota hingga Pemilihan Legislatif.

"Kita berupaya dan berharap pada pelaksanaan Pemilihan Presiden mendatang, kekondusifan ini tetap terjaga, sehingga Kota Bogor menjadi kota yang aman dan lancar dalam pelaksanaan pesta demokrasi," ujar Kapolres.

Kapolres menyebutkan, hingga rapat Pleno KPU ditutup pihaknya belum menerima adanya laporan pelanggaran pidana pemilu dari pihak-pihak terkait. Meski pada saat kampanye adanya informasi terkait kecurangan Pemilu, namun laporan tersebut tidak sampai ke Polres Bogor Kota.

"Bisa jadi laporan tersebut tidak memenuhi unsur di Gakumdu, sehingga tidak sampai diproses ke Kepolisian," ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, pihaknya akan mempertahankan keberhasilan dalam menjaga pelaksanaan Pemilu di Kota Bogor agar tetap kondusif hingga pada pelaksanaan pemilihan presiden Juli mendatang, sehingga tetap berjalan lancar seperti pemilu lainnya.

Sementara itu, pelaksanaan pleno rekapitulasi perolehan suara di KPU Kota Bogor berjalan lancar, dimana seluruh saksi dari masing-masing partai politik menerima hasil perolehan rekapitulasi terutama untuk tingkat DPR RI, DPD dan DPRD Provinsi.

Sedangkan untuk tingkat DPRD Kota Bogor menuai keberatan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menemukan adanya selisih suara yang terjadi di wilayah Kecamatan Tanah Sareal.

Pihak PDP-P menyatakan keberatan dan menolak rekapitulasi DPRD Kota di KPU karena adanya kejanggalan, sehingga berencana akan melaporkan keberatan tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna menyatakan, pelaksanaan Pemilu Legislatif di Kota Bogor telah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Menurutnya jika ada keberatan merupakan suatu kewajaran dalam proses berdemokrasi.

"Yang pasti KPU siap dalam hal apapun menghadapi keberatan-keberatan yang disampaikan oleh saksi. Karena mekanisme ini sudah berjalan, dan kita kasih kesempatan untuk yang keberatan untuk menyampaikan keberatannya," ujar Undang.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif tingkat Kota Bogor telah selesai dilaksanakan, dengan waktu selama satu (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button