Penyebab Olah Raga Pagi Anda Tidak Bermanfaat

Olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh, apalagi di pagi hari saat udara masih segar karena bebas dari polusi. Sayang, kesalahan-kesalahan sepele tanpa disadari telah membuat olahraga pagi kehilangan manfaatnya.

Berikut ini kesalahan-kesalahan sepele yang kerap dilakukan, dan telah membuat segala manfaat olahraga pagi tidak bisa maksimal.

Tidak sarapan
Meskipun masih sangat pagi, sangat tidak dianjurkan untuk berolahraga dalam kondisi perut kosong. Hal itu bisa memperlambat metabolisme, sehingga terjadi penumpukan kalori dalam bentuk lemak. Tidak harus makan berat, cukup setengah potong pisang sudah cukup untuk mengisi tenaga sebelum memulai olahraga pagi.

Terlalu banyak serat
Makanan berserat memang dianjurkan karena baik untuk pencernaan. Namun untuk memulai olahraga pagi, terlalu banyak konsumsi serat hanya akan membuat perut terasa penuh sedangkan kebutuhan kalori yang bisa segera dibakar menjadi energi tidak tercukupi. Yang dibutuhkan tubuh pada saat seperti ini adalah gula sederhana, yang bisa langsung dibakar menjadi kalori.

Tidak minum
Hawa dingin di pagi hari memang membuat beser alias bolak-balik ke kamar kecil, apalagi jika terlalu banyak minum. Meski begitu, olahraga adalah aktivitas yang akan sangat memeras keringat. Pastikan ada asupan air yang cukup, tidak perlu langsung 2 liter tetapi paling tidak tenggaklah beberapa gelas air putih di sela-sela sarapan.

Tidak siap perlengkapan
Tidak banyak waktu yang tersedia di pagi hari, apalagi para pekerja kantoran yang harus buru-buru berangkat untuk menembus kemacetan menuju tempat kerja. Oleh karenanya, jangan buang-buang waktu hanya untuk mencari kaos kaki yang entah disimpan di mana, atau mencari celana di jemuran yang mungkin malah belum kering setelah dicuci semalam. Pastikan perlengkapan sudah siap pada malam sebelumnya agar rencana olahraga pagi bisa lebih lancar.

Kurang tidur
Olahraga itu penting, tetapi istirahat yang cukup juga tidak kalah penting. Jika berencana untuk bangun pagi dan melakukan olahraga, pastikan malam sebelumnya tidak begadang sampai larut malam. Sebisa mungkin, tidurlah lebih awal dari biasanya agar bangun dalam kondisi bugar untuk olahraga.

Melakukan olahraga yang itu-itu saja
Tenaga boleh prima, tetapi rasa bosan kadang bisa mengacaukan segalanya. Tidak perlu memaksakan diri bila memang jogging atau bersepeda mulai terasa membosankan, coba saja olahraga yang lain yang lebih menantang. Bisa juga dengan ikut kelas-kelas di tempat fitness, misalnya yoga atau body balance.

Tidak pemanasan
Begitu bangun tidur, sangat tidak dianjurkan untuk langsung melakukan aktivitas fisik yang berat. Beri kesempatan bagi tubuh untuk melakukan pemanasan dan peregangan agar tidak mengalami cedera. Bukan cuma melemaskan otot, pemanasan yang baik juga akan memperlancar peredaran darah termasuk yang menuju otak. Rasa kantuk dijamin langsung lenyap bila pemanasan dilakukan dengan serius.

Pakaian Terlalu Ketat
Menggunakan pakaian yang terlalu ketat dapat mengakibatkan penyaluran darah ditubuh anda akan tersendat sehingga kerja jantung yang meningkat disaat anda berolah raga menjadi tidak maksimal dan ini sangat fatal jika terus menerus terjadi dapat mengakibatkan gagal jantung atau memecahkan saluran kecil jalur darah didalam tubuh anda.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga

Leave a Comment