Pembuat Bahan Peledak Mengaku Terinspirasi Setelah Nonton Film Action

BOGORnews, Tersangka pelaku membuat bahan peledak (handak) di Plasa Jambu Dua, Kelurahan Bantar Jati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor,  Jum’at (13/06/2014) lalu, berhasil diringkus petugas Polres Bogor Kota.Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa, dinamo, batu baterai, cangkang dinamo, bungkusan hekter, tutup dinamo, kabel warna merah dan kuning, serpihan baut dan plastik.

Kini, tersangka Agus (18), salah satu karyawan toko sepatu di Plasa Jambu Dua, berikut barang bukti, telah diamankan di Mapolres Bogor Kota, guna pengusutan lebih lanjut.

Kaplores Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, kepada wartawan membenarkan bahwa petugasnya berhasil meringkus tersangka pelaku peletak ‘bom’ di basment Plasa Jambu Dua.

“Pelaku merupakan penjaga toko sepatu di Plaza Jambu Dua,” tambah Kapolres Bogor Kota.

Dijelaskan,  pelaku diamankan oleh petugas hanya berselang 15 jam setelah karyawan Plasa Jambu Dua menemukan karsus yang diduga bom. “Pelaku kami tangkap setelah bungkusan tersebut diledakan oleh tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Dan, berdasarkan hasil rekam CCTV yang tersimpan di dalam CCTV Plaza Jambua Dua,” papar AKBP Bahtiar.

Maka, atas dasar petunjuk CCTV itu, lanjut dia, pihaknya segera bergerak dan memancing pelaku di salah satu tempat. Tidak lama kemudian, pelaku datang.

“Begitu muncul, kami langsung mengamankan pelaku yang tak lain pegawai toko sepatu di Plasa Jambu Da,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Agus, tersangka pelaku yang memasang handak di Plaza Jambu Dua mengakui, bahwa dirinya menyimpan handak di Plaza Jambu Dua hanya iseng, setelah menonton film action. “Saya hanya iseng, membuat handak dan menyimpannya di Plasa Jambu Dua,” katanya.Sebelumnya, satu paket kardus yang mencurigakan, menggemparkan penggunjung pusat perbelanjaan Jambu Dua, di Jalan KS. Tubun, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jum’at (13/62014), sekitar pukul 12.30 WIB.

Lebih menyeramkan lagi, ketika tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Mabes Polri, danKapolres Bogor Kota, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, beserta sejumlah petugasnya, tiba di tempat kejadian perkara (TKP).

Rupanya, pengunjung sadar, bahwa paket mencurigakan itu, diduga bom. Sehingga, ratusan masyarakat berhamburan ke lokasi, untuk mengetahui apa gerangan yang akan terjadi di Plasa Jambu Dua. (eone/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button