Menutup Tahun 2013, KWB Gelar Pasanggiri Maca Sajak Sunda

BOGORnews,== Menutup akhir tahun 2013, Karukunan Warga Bogor (KWB) menggelar  Pasanggiri Maca Sajak Sunda. di Sekretariat KWB Jalan Panaragan Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu (28/12/2013)
    
Kegiatan yang sudah jarang digelar ini menarik perhatian undangan yang hadir.disaksikan langsung  Ketua KWB Edgar Suratman. Serta sejumlah tokoh Bogor antara lain  Adi Chakra, dan Edho Suganda (KNPI) dan sejumlah budayawan Kota Bogor.  “.Ada 15 peserta yang meramaikan pasanggiri maca sajak sunda, “kata Ketua Panitia  Pelaksana, E. Koswara.
    
Para peserta yang terdiri dari para remaja dan orang tua ini unjuk kebolehan membaca sajak sajak sunda dihadapa undangan yang hadir.  “Ini sebagai bentuk komitmen KWB terhadap masalah budaya di wilayah Bogor, “ kata Edgar Suratman.
    
Menurutnya,  sebagai organisasi masyarakat yang lahir dan dibesarkan di Bogor tentu saja KWB ingin menjaga agar nilai-nilai budaya Sunda tetap lestari dan menjadi tuan rumah di tempatnya sendiri.
    
Edgar menegaskan, upaya pelestarian budaya, sebaiknya tidak terlalu mengandalkan pemerintah, sebab bagaimanapun anggaran yang tersedia sangat terbatas.   “Pemerintah sesuai dengan fungsinya sebagai regulator dan fasilitator, dukungan dari berbagai lembaga organisasi, para seniman, budayawan tentu saja amat  sangat diperlukan, “ harapnya
    
Oleh karena itu, kata Edgar berharap dengan penyelenggaraan pasanggiri membaca Sajak Sunda, para remaja di Bogor menjadi lebih kenal dengan bahasa dan budaya ibunya.
    
Dalam pasanggiri tersebut dewan juri yang terdiri dari Deddy Roamer, dan Dadang HP menetapkan,  Suherman sebagai  penampil terbaik dan juara umum dengan nilai 628 sehingga berhak meraih piala bergilir KWB  dengan nilai 628, peringkat kedua Wulan Pitaloka  meraih nilai 623 dan peringkat ketiga direbut Hj, Isning Parwati meraih nilai 610.
    
Selain menggelar Pasanggiri maca Sajak Sunda,  KWB juga menggelar bakti sosial santunan untuk 25 anak yatim dan kaum dhuafa    Menurut Ketua Panitia  Pelaksana, E. Koswara, sebelumnya KWB juga telah mengadakan kegiatan bakti sosial berupa beberesih lingkungan di berbagai tempat. Sedangkan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa serta Pasanggiri maca Sajak Sunda dilaksanakan serentak di Sekretariat KWB. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button