Masker Kopi Untuk Kesehatan Kulit Dan Kecantikan

Bogornews – Mengawali pagi dengan secangkir kopi mungkin sudah menjadi sebuah hal biasa bagi anda. Akan tetapi, tahukah anda manfaat kopi untuk wajah ?. Sebagian orang telah mengetahui informasi ini dan telah menjadikan bubuk kopi sebagai salah satu bahan wajib dalam perawatan kulitnya. Namun sebagian lainnya masih merasa baru dengan metode facial semacam ini.Pada dasarnya, sumber makanan alami yang telah lama dikenal dimasyarakat secara turun temurun seperti teh, ginseng, jahe dan bahan-bahan lainnya memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh. Hanya saja tentang kadar dan ukuran zat yang dikandung didalamnya berbeda-beda.

Kopi untuk kecantikan belakangan ini sangat populer di kalangan wanita. Tidak hanya untuk wanita Indonesia, kopi juga sangat terkenal di Hawai dan Amerika selatan untuk digunakan sebagai masker. Bahkan saat ini, banyak spa dan salon-salon kecantikan  menggunakan masker kopi.

Kenapa kopi sangat bermanfaat untuk kecantikan, perawatan kulit dan perawatan selulit? Jawabannya adalah kopi kaya akan kafein dan berfungsi sebagai vasorestrictor. Artinya kopi dapat mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Hal ini sangat efektif untuk melembutkan kulit dan mengurangi timbulnya varises.

Untuk mendapatkan manfaat kopi bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat kopi untuk kesehatan kulit wajah yang bisa anda lakukan di rumah.

  • Salah satu manfaat masker kopi adalah mengangkat kulit mati dan mengencangkan kulit. Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah.
  • Kopi juga bisa digunakan untuk mengurangi selulit. Kita bisa mencampur bubuk kopi dengan minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada selulit dengan di bungkus plastik. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air.
  • Untuk mencerahkan wajah, kita bisa mencampurkan 3 sendok makan bubuk kopi dengan segelas susu segar. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Pijat kulit wajah dengan lembut dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.
  • Untuk melembabkan kulit, kita bisa mencampurkan 3 sendok makan ampas kopi dengan satu sendok makan coklat bubuk. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan handuk basah dengan menggunakan air hangat.
  • Selain itu kopi juga terkenal mempunyai manfaat menghaluskan kulit dan melangsingkan badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita bisa menghancurkan biji kopi tapi jangan terlalu halus. Setelah itu, gosok secara perlahan (sebagai scurb). Jika kita menggunakan kopi sebagai scrub secara teratur, hal ini di yakini dapat merampingkan tubuh karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat menghancurkan sel lemak.
  • Manfaat masker Kopi lainnya adalah menghilangkan bintik hitam bekas jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak bayi. Oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut. Jika kita melakukannya dengan teratur maka bintik hitam bekas jerawat akan hilang lebih cepat.
  • Masker kopi juga dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit. Menurut penelitian di Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat. Kafein yang terkandung pada kopi bisa menghambat enzim atau protein yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa bubuk kopi yang diaplikasikan langsung pada kulit dapat menghalangi sinar ultra violet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat masker kopi untuk kulit. Jadi untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik tidak harus mahal. Kita bisa menggunakan bahan-bahan yang disediakan oleh alam.

Sumber : Beberapa Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button