Manfaat Cabe Rawit Bagi Kesehatan

Bogornews – Ada beberapa varietas cabe, yaitu cabe merah besar, cabe merah keriting dan cabe rawit. Kita tahu semuanya pedas, namun yang paling pedas adalah cabe rawit. Untuk itulah kenapa Cabai rawit disebut sebagai rajanya rempah-rempah.  Tahukah Anda bahwa kenapa cabe rawit  itu bisa memberikan rasa yang sangat pedas. Rasa pedas yang berasal dari cabe berasal dari zat yang disebut capsaicin, dan kandungan terbanyak ada pada cabe rawit.Sifat-sifat yang diberikan oleh zat capsaicin pada Cabai rawit adalah anti inflamasi , anti – alergi, anti jamur dan anti iritasi. Cabai rawit juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C , dan betakaroten. Mineral yang ada pada cabai rawit adalah, mangan dan kalium, yang semuanya baik untuk kesehatan. Cabe rawit ada yang dalam bentuk bubuk, namun yang segar tentu lebih baik jika memungkinkan didapat.
Khasiat Manfaat Cabe rawit

Ada beberapa khasiat manfaat cabe rawit yang tak banyak diduga oleh kebanyakan orang. Bahkan juga dapat mencegah kanker!.. Berikut ada 10 manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi cabe rawit yang sangat pedas:

Mempercepat metabolisme tubuh :
Cabai rawit bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu berbahagialah bagi Anda yang tahan dengan rasa pedas cabe rawit. Karena mempercepat metabolisme tubuh, maka cabe rawit termasuk makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Membantu jantung :
Cabai rawit juga berguna bagi jantung Anda, karena dapat mencegah serangan jantung yang mematikan dalam hitungan detik. Hal ini karena karakteristik cabe rawit yang dapat membuka arteri di jantung.

Membantu  Pertumbuhan Rambut :
Cabai rawit juga dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. Salah satu alasan utama dari masalah kebotakan adalah karena penurunan sirkulasi darah(darah tak lancar). Cabai rawit bila dioleskan pada kulit kepala akan meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut. Memang hal ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala, akan tetapi ini akan memberikan manfaat yang baik.

Membantu Meringankan rasa nyeri :
Cabai rawit dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Banyak orang yang menderita sakit kepala, dan mengkonsumsi cabe rawit akan memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala migren. Makan cabe juga akan membantu orang yang menderita gejala sinus. Cabe rawit juga dapat membantu untuk mengurangi sakit gigi dan sakit gusi.

Membantu menurunkan Berat Badan :
Cabe rawit juga memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena capsaicin yang pedas pada cabe rawit akan membakar lemak, dan mengeluarkannya bersama keringat. Selain itu juga karena cabe rawit yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang juga dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Makan cabai rawit juga akan menurunkan nafsu makan, sehingga cocok jika anda ingin membatasi makan saat diet.

Meredakan sakit tenggorokan :
Cabai rawit juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Campur cabai rawit dengan air, dan gunakan berkumur. Prosedur ini akan membantu memulihkan sakit tenggorokan dengan cepat.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi :
Cabai rawit dapat membantu melancarkan peredaran darah, dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Oleh karena itu, cabai rawit adalah obat yang alami yang dapat membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

Membantu menyembuhkan Infeksi :
Cabai rawit juga membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat infeksi ,karena cabe memiliki sifat antijamur.

Membantu menyembuhkan Luka usus :
Cabai rawit juga dapat membantu menyembuhkan luka usus, yang dikarenakan pergerakan peristaltik saat menjalankan proses pencernaan. Sehingga cabe akan memberikan manfaat kepada kesehatan pencernaan, dan membantu menyembuhkan berbagai masalah pada usus.

Mencegah Kanker :
Manfaat yang paling penting dari mengkonsumsi cabai rawit adalah membantu mengurangi resiko kanker, serta dapat menghambat perkembangan sel kanker paru-paru dan kanker pankreas. Senyawa cabai rawit yang berkemampuan untuk ini tak lain adalah capsaicin yang memberikan rasa pedas. Proses ini dikenal dengan sebutan apoptosis .
Perhatian

Rasa pedas pada cabe rawit bersifat iritan, dan dapat memperparah kondisi sakit lambung kronis. Untuk orang yang sehat, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi cabe rawit. Efek samping karena kebanyakan makan cabe rawit adalah rasa mulas, sakit perut, diare, sering BAB dan panas pada anus.

Tips: Jika merasa kepedasan setelah makan cabe, bisa diikurangi dengan minum yogurt segera. Atau bisa minum air yang hangat-hangat kuku. Air hangat memang seketika seperti menambahkan rasa pedas, namun akan lebih cepat meredakannya dari pada minum air dingin.

Sumber : Beberapa Sumber

Leave a Comment