Kumpulan Soal Subjunctive dan Jawabannya

Halo, teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang subjunctive. Apa itu subjunctive? Subjunctive adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja. Kita menggunakan subjunctive ketika kita ingin mengungkapkan keinginan, saran, permintaan atau syarat.

Berikut adalah 10 soal subjunctive beserta jawabannya:

1. If I ___________ (be) rich, I would buy a big house.

Jawaban: were. Kita menggunakan subjunctive “were” ketika kita mengungkapkan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja. Pada kalimat di atas, kita mengungkapkan keinginan pada masa kini yang tidak mungkin terjadi (karena kita tidak kaya).

2. I wish I ___________ (have) more time to travel.

Jawaban: had. Kita menggunakan subjunctive “had” ketika kita mengungkapkan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja. Pada kalimat di atas, kita mengungkapkan keinginan pada masa lalu yang tidak mungkin terjadi (karena kita tidak punya waktu yang cukup untuk bepergian).

3. If he ___________ (study) harder, he would pass the test.

Jawaban: studied. Kita menggunakan subjunctive “studied” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan syarat yang tidak terpenuhi pada masa kini.

4. It is important that he ___________ (be) here on time.

Jawaban: be. Kita menggunakan subjunctive “be” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan keinginan atau permintaan agar orang lain melakukan sesuatu.

5. I suggest that you ___________ (take) a break.

Jawaban: take. Kita menggunakan subjunctive “take” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan saran agar orang lain melakukan sesuatu.

6. If she ___________ (win) the lottery, she would travel around the world.

Jawaban: won. Kita menggunakan subjunctive “won” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja.

7. I would rather you ___________ (not smoke) in here.

Jawaban: not smoke. Kita menggunakan subjunctive “not smoke” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan keinginan atau permintaan agar orang lain tidak melakukan sesuatu.

8. If he ___________ (be) here, he would help us.

Jawaban: were. Kita menggunakan subjunctive “were” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja.

9. I wish I ___________ (know) how to play guitar.

Jawaban: knew. Kita menggunakan subjunctive “knew” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan keinginan pada masa lalu yang tidak mungkin terjadi (karena kita tidak tahu cara bermain gitar).

10. If we ___________ (not hurry), we would miss the train.

Jawaban: didn’t hurry. Kita menggunakan subjunctive “didn’t hurry” karena pada kalimat tersebut kita mengungkapkan syarat yang tidak terpenuhi pada masa kini.

Penjelasan Materi Subjunctive:

  • Subjunctive digunakan untuk mengekspresikan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja.
  • Kita menggunakan subjunctive ketika kita ingin mengungkapkan keinginan, saran, permintaan atau syarat.
  • Subjunctive pada umumnya menggunakan kata kerja bentuk dasar (infinitive) tanpa tambahan -s atau -es pada akhir kata kerja untuk subjek tunggal ketiga.
  • Namun, pada beberapa kasus, subjunctive dapat menggunakan kata kerja bentuk past participle (V3) atau bentuk ketiga dari kata kerja (V3) seperti pada contoh nomor 3, 9, dan 10 di atas.
  • Pada kalimat negatif, subjunctive dapat menggunakan “not” sebelum kata kerja seperti pada contoh nomor 7 di atas.

Kesimpulan:

Subjunctive adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan keadaan yang tidak nyata atau hanya khayalan saja. Kita menggunakan subjunctive ketika kita ingin mengungkapkan keinginan, saran, permintaan atau syarat. Pada umumnya, subjunctive menggunakan kata kerja bentuk dasar (infinitive) tanpa tambahan -s atau -es pada akhir kata kerja untuk subjek tunggal ketiga. Namun, pada beberapa kasus, subjunctive dapat menggunakan kata kerja bentuk past participle (V3) atau bentuk ketiga dari kata kerja (V3). Pada kalimat negatif, subjunctive dapat menggunakan “not” sebelum kata kerja.

Gambar Buku
Gambar Notes

Leave a Comment