Kumpulan Cerita Narrative Fable

Selamat datang di artikel Pintar Pelajaran Sekolah! Kali ini, kita akan membahas tentang cerita narrative fable. Cerita fable adalah cerita yang menceritakan tentang hewan atau objek bernyawa lainnya yang berperilaku seperti manusia. Cerita fable biasanya memiliki pesan moral atau pelajaran yang dapat diambil. Berikut ini adalah beberapa contoh cerita narrative fable:

1. The Ant and the Grasshopper

Satu musim panas, semut bekerja keras untuk mengumpulkan makanan untuk musim dingin. Sementara itu, belalang hanya bernyanyi dan menari sepanjang hari. Ketika musim dingin tiba, semut memiliki makanan yang cukup untuk bertahan hidup, sementara belalang kelaparan dan meminta bantuan semut. Moral dari cerita ini adalah kerja keras dan persiapan yang baik akan membantu kita menghadapi masa sulit di masa depan.

2. The Tortoise and the Hare

Kura-kura dan kelinci mengadakan perlombaan lari. Kelinci sangat percaya diri dan terlalu santai sehingga ia berhenti untuk istirahat sejenak. Kura-kura terus berjalan dan akhirnya memenangkan perlombaan. Moral dari cerita ini adalah bahwa kecepatan tidak selalu merupakan kunci untuk kemenangan, karena ketekunan dan ketekunan dapat membantu kita mencapai tujuan kita.

3. The Lion and the Mouse

Seekor tikus tanah menyelamatkan singa dari perangkap dan kemudian meminta untuk dibebaskan. Meskipun singa meremehkan tikus, ia kemudian menemukan dirinya terjebak dalam perangkap dan meminta bantuan tikus. Tikus berhasil membebaskan singa. Moral dari cerita ini adalah bahkan makhluk terkecil dapat memberikan bantuan yang besar, dan kita tidak boleh meremehkan orang lain.

4. The Boy Who Cried Wolf

Seorang anak gembala sering berbohong bahwa ada serigala yang menyerang domba-dombanya. Ketika serigala benar-benar datang, tidak ada yang percaya padanya dan serigala berhasil membunuh banyak domba. Moral dari cerita ini adalah kebohongan akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain, dan kita harus selalu jujur ​​dan dapat dipercaya.

5. The Fox and the Grapes

Seekor rubah mencoba mencapai anggur yang tergantung di atasnya, tetapi tidak dapat mencapainya. Setelah beberapa kali mencoba, rubah akhirnya meyakinkan dirinya bahwa anggur itu tidak enak dan tidak layak dimakan. Moral dari cerita ini adalah bahwa orang sering menolak sesuatu yang tidak dapat mereka dapatkan, dan kita harus belajar untuk menerima kegagalan dan mencari cara lain untuk mencapai tujuan kita.

6. The Goose That Laid Golden Eggs

Seorang peternak memiliki angsa yang bertelur emas setiap hari. Namun, sang peternak menjadi serakah dan membunuh angsa untuk mengambil semua telurnya sekaligus. Setelah membunuh angsa, ia menyadari bahwa ia tidak dapat lagi mendapatkan telur emas yang berharga. Moral dari cerita ini adalah kita tidak boleh serakah dan harus menghargai apa yang kita miliki, karena kehilangan lebih buruk daripada tidak pernah memiliki.

7. The Boy and the Filberts

Seorang anak laki-laki mengambil sejumput kacang hazel dari seember. Setelah mencoba untuk menarik semuanya sekaligus, ia tidak dapat melepaskan tangannya dari semuanya dan harus meminta bantuan kepada orang lain. Moral dari cerita ini adalah kita harus bersikap cerdas dalam mengambil keputusan dan tidak mencoba mengambil terlalu banyak pada satu waktu.

8. The Mouse and the Weasel

Seekor tikus berhasil meloloskan diri dari seekor musang, tetapi kemudian bertemu dengan seekor ular. Ia meminta bantuan dari seekor musang, tetapi musang menolak membantunya karena ia takut akan ular. Moral dari cerita ini adalah kita harus memilih teman yang baik dan dapat diandalkan, karena tidak semua orang dapat dipercaya.

9. The Wolf in Sheep’s Clothing

Seekor serigala menyamar menjadi domba untuk bisa mendekati kawanan domba dan memangsa mereka. Moral dari cerita ini adalah kita tidak boleh menilai seseorang dari penampilannya saja dan harus selalu berhati-hati dengan orang yang tidak dikenal.

10. The Crow and the Pitcher

Seorang gagak yang haus menemukan sebuah guci dengan sedikit air di dalamnya. Ia tidak dapat mencapai air dengan kepala atau paruhnya, sehingga ia membawa batu dan melemparkannya ke dalam guci untuk mengangkat air ke atas. Moral dari cerita ini adalah kreativitas dan inovasi dapat membantu kita menyelesaikan masalah, bahkan ketika situasi terlihat tidak mungkin.

Contoh Soal dan Jawaban

Berikut ini adalah 10 soal dan jawaban tentang cerita narrative fable:

  1. Apa yang dimaksud dengan cerita fable?
  2. Cerita fable adalah cerita yang menceritakan tentang hewan atau objek bernyawa lainnya yang berperilaku seperti manusia, biasanya dengan pesan moral atau pelajaran yang dapat diambil.

  3. Apa moral dari cerita The Ant and the Grasshopper?
  4. Moral dari cerita ini adalah kerja keras dan persiapan yang baik akan membantu kita menghadapi masa sulit di masa depan.

  5. Apa moral dari cerita The Tortoise and the Hare?
  6. Moral dari cerita ini adalah bahwa kecepatan tidak selalu merupakan kunci untuk kemenangan, karena ketekunan dan ketekunan dapat membantu kita mencapai tujuan kita.

  7. Siapakah yang menyelamatkan singa dalam cerita The Lion and the Mouse?
  8. Seekor tikus tanah menyelamatkan singa dari perangkap dalam cerita The Lion and the Mouse.

  9. Apa moral dari cerita The Boy Who Cried Wolf?
  10. Moral dari cerita ini adalah kebohongan akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain, dan kita harus selalu jujur ​​dan dapat dipercaya.

  11. Apa yang terjadi pada rubah dalam cerita The Fox and the Grapes?
  12. Rubah mencoba mencapai anggur yang tergantung di atasnya tetapi tidak dapat mencapainya. Setelah beberapa kali mencoba, rubah akhirnya meyakinkan dirinya bahwa anggur itu tidak enak dan tidak layak dimakan.

  13. Apa moral dari cerita The Goose That Laid Golden Eggs?
  14. Moral dari cerita ini adalah kita tidak boleh serakah dan harus menghargai apa yang kita miliki, karena kehilangan lebih buruk daripada tidak pernah memiliki.

  15. Apa yang dilakukan anak laki-laki dalam cerita The Boy and the Filberts?
  16. Anak laki-laki mengambil sejumput kacang hazel dari seember tetapi tidak dapat melepaskan tangannya dari semuanya dan harus meminta bantuan kepada orang lain.

  17. Siapakah yang membantu seekor tikus dalam cerita The Mouse and the Weasel?
  18. Seekor musang menolak membantu tikus dalam cerita The Mouse and the Weasel.

  19. Apa moral dari cerita The Wolf in Sheep’s Clothing?
  20. Moral dari cerita ini adalah kita tidak boleh menilai seseorang dari penampilannya saja dan harus selalu berhati-hati dengan orang yang tidak dikenal.

Kesimpulan

Cerita narrative fable adalah cer

Leave a Comment