Kenali 6 Kerusakan yang Sering di Alami Motor Matic

Kenali 6 Kerusakan yang Sering di Alami Motor Matic – Saat ini motor masih menjadi andalan sebagai moda transportasi di kalangan masyarakat, sebab memiliki berbagai keunggulan seperti kemudahan dalam mengendarainya di tengah kemacetan ibukota hingga melewati jalanan sempit khas pedesaan.

Selain itu, untuk meletakkan sepeda motor tidak membutuhkan banyak space parkir, serta memiliki harga yang relatif terjangkau. Hal ini lah yang membuat tingginya minat konsumen terhadap pembelian sepeda motor, dibandingkan dengan mobil.

6 Kerusakan pada Motor Matic

Diantara berbagai jenis motor yang tersedia di pasaran, jenis motor yang paling banyak peminatnya adalah motor matic. Hingga saat ini, penggunaan motor matic lebih tinggi dibandingkan dengan motor bebek ataupun motor sport.

Hal ini terbukti dengan semakin tinggi penjualan motor matic dan para produsen berlomba – lomba untuk menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam peluncuran motor matic, dibandingkan dengan jenis lainnya.

Namun, selayaknya jenis motor lainnya, motor matic juga akan mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas beberapa ciri – ciri kerusakan yang sering di alami motor matic dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

  1. Ban bocor

Salah satu kerusakan yang biasa terjadi hampir pada semua jenis motor adalah kebocoran ban motor. Kebocoran ban ini biasanya paling sering terjadi, bukan hanya pada motor matic dan frekuensi kerusakan dapat bervariatif.

Umumnya, hal ini terjadi karena kondisi ban yang sudah sangat tipis, atau kondisi jalanan yang terdapat benda tajam seperti paku atau pecahan kaca.

Kerusakan yang terjadi juga bisa dipicu dari modifikasi ban motor yang tidak tepat, seperti ukuran ban yang kurang sesuai atau kualitas ban motor yang tidak bagus. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penggantian ban pada bengkel yang memiliki tingkat originalitas dan terpercaya.

  1. Kerusakan pada Aki Motor

Kerusakan aki motor merupakan salah satu komponen sparepart yang memiliki umur pemakaian yang terbatas, sehingga mudah mengalami kerusakan. Kondisi aki yang soak juga menjadi salah satu kerusakan yang dialami oleh berbagai jenis kendaraan, bukan hanya motor matic. Penyebab kerusakan aki ini biasanya dipicu oleh masalah pada sistem kelistrikan yang ada pada motor.

Ketika motor mengalami kerusakan aki, maka akan terjadi kondisi dimana starter elektrik pada motor matic menjadi tidak berfungsi, sehingga Anda harus menggunakan starter manual yang berada pada bagian bawah untuk menghidupkan mesin motor.

Apabila hal ini terjadi, maka akan menyulitkan pengendara wanita. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan service secara rutin agar terhindar dari permasalahan yang satu ini.

  1. Putusnya Bohlam Lampu Motor

Kerusakan yang sering di alami motor matic selanjutnya adalah kondisi terputusnya bohlam lampu pada bagian depan atau belakang motor.

Umumnya, semua jenis motor matic keluaran terbaru akan memiliki penerangan lampu bohlam yang akan menyala secara otomatis setelah menyalakan mesin motor. Hal ini yang akan membuat bagian lampu motor sering mengalami overheat dan akhirnya menyebabkan aliran listrik terputus.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan penggantian lampu bohlam ke bengkel resmi yang terpercaya, agar kualitas dari lampu bohlam terjamin. Pastikan, untuk memilih bengkel yang profesional untuk menghindari kerusakan lainnya.

  1. Motor Mati Mendadak

Ketika motor mengalami kondisi mati secara tiba – tiba, mungkin motor Anda menunjukkan ciri – ciri kerusakan pada motor matic. Biasanya kondisi ini disebabkan karena kurangnya perawatan dan maintenance pada kendaraan bermotor, hingga terjadi penyumbatan pada ruang pembakaran dan  menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna.

Jika proses pembakaran tidak dapat berlangsung, tentunya tidak akan ada tenaga yang dihasilkan untuk menyalakan mesin motor, hingga menyebabkan motor mati secara mendadak. Apabila Anda mengalami kondisi ini, segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan agar segera dilakukan tindakan dan perbaikan pada motor matic.

  1. Muncul Suara Letupan pada Knalpot

Kerusakan lainnya yang biasa muncul pada motor matic adalah kondisi ketika terdengar suara letupan pada knalpot ketika motor dijalankan.

Knalpot memiliki fungsi sebagai penyeimbang kerja karburator pada putaran tinggi sehingga menghasilkan tenaga mesin yang maksimal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya suara letupan pada knalpot, seperti terjadinya kerusakan pada bagian air screw karburator, dan bagian busi tidak dalam keadaan yang baik.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksa sumber suara letupan dari karburator. Anda juga bisa mengganti busi yang sudah tidak layak pakai, dengan yang busi yang baru. Namun, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi motor ke bengkel resmi agar dilakukan pemeriksaan dan perbaikan dengan tepat.

  1. Tarikan Gas Motor Berat

Ciri kerusakan yang terjadi pada mesin motor matic adalah ketika tarikan gas pada motor terasa berat. Performa motor matic yang baik, akan memiliki tarikan gas yang mulus dan ringan. Umumnya, penyebab masalah ini adalah filter penyaring udara tersumbat dengan kotoran atau debu sehingga menyebabkan pembakaran mesin tidak sempurna.

Untuk mengatasi kerusakan ini, Anda harus rutin mengecek kondisi penyaring udara terutama ketika tarikan gas motor mulai terasa lebih berat daripada biasanya.

Motor matic menggunakan jenis filter udara basah, sehingga Anda tidak perlu susah membersihkannya, hanya perlu menggantinya dengan filter udara baru. Pastikan untuk melakukan penggantian filter di bengkel resmi yang memiliki tingkat keotentikan yang tinggi.

Itu dia beberapa ciri kerusakan yang sering di alami motor matic. Dengan mengetahui 6 kerusakan pada motor di atas, Anda bisa lebih memperhatikan kebersihan dan rutin melakukan perawatan pada motor matic Anda.

Leave a Comment