Kejar Target, Dispenda Buka Loket Keliling Pembayaran PBB-P2

BOGORnews, == Guna mengejar target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Bogor, Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor membuka loket keliling pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan  Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) di 68 Kelurahan se Kota Bogor.

Loket keliling pembayaran PBB  P2 tersebut diawali  Kantor Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Rabu (12/3/2014).

Kedatangan petugas Dispenda, bersama pihak Bank Jabar Banten (BJB) melakukan jemput bola di Kantor Kelurahan Kencana disambut antusias masyarakat, meraka rela antri melakukan transaksi pembayaran PBB- P2.

Sayangnya, pembukaan loket keliling tersebut berkali-kali terganggu oleh jaringan internet yang tidak lancar. Koneksi internet yang sangat lambat menyebabkan warga harus menunggu lama online internet.

“Petugas jemput bola ke wilayah sangat membantu kami, sehingga tidak perlu datang ke BJB. tapi, koneksi internetnya tidak lancar, sehingga harus menunggu online cukup lama, “ ujar Sumanta salah satu wajib pajak.

Koordinator pemungut PBB-P2 pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bogor H. Dudung mengakui tidak lancarnya koneksi internet. “ Kondisi ini akan disampaikan ke pimpinan kami sebagai bahan evaluasi, “ kata Dudung.

Dudung  menyebutkan, jemput bola atau operasi sisir PBB-P2 dilakukan secara bergiliran di setiap kelurahan.  “ Operasi sisir kami dilakukan setiap Rabu dan Sabtu di setiap Kelurahan. Sabtu nanti giliran di Kelurahan Cibadak Kecamatan Tanah Sareal, “ imbuhnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pemerintahan pada Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Asmawi menjelaskan,  wajib pajak (WP)  di wilayah Kelurahan Kencana pada tahun 2014  berjumlah 5950 WP dengan target yang ditetapkan sebesar Rp703.137.464,-  

Sedangkan pada tahun 2013 lalu, jumlah WP sebanyak 4326 WP dari target sebesar Rp488.532.429,-  realisasinya Rp503.202.128,- atau mencapai 103 persen.

Asmawi menilai, jemput bola yang dilakukan oleh Dinaspeda sangat efektif untuk menjaring para WP. “ Tapi, akan lebih efektif lagi jika  loket pembayaran PBB-P2 dibuka setiap hari di Kantor kelurahan untuk memudahkan warga, sehingga  mereka tidak perlu datang ke BJB yang  lokasinya jauh dari wilayah Kelurahan Kencana, “ pungkasnya.(redaksi)

 
Teks Foto : Antrian Warga membayar PBB-P2 di Kantor Kelurahan Kencana Tanah Sareal Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button