Isning Juara Lomba Sajak Sunda Memperingati HJB ke 532

BOGORnews, Hj. Isning Karwati dari SD Kesatuan Kota Bogor,  tampil sebagai juara pertama dalam Pasanggiri Maca Sajak Sunda, memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 532 yang digelar di Ruang Rapat I Balaikota Bogor, Minggu(25/5).Isning mengantongi nilai 827  dari 3 dewan juri yang terdiri Deddy Roamer, Ubay Subarna dan Dadang HP, dan menyisihkan 15 peserta lainnya.

Sementara itu Kabid Kebusayaan pada Dinas Pariwisata  Kota Bogor, R. Susilowati yang membuka kegiatan tersebut mewakili Walikota Bogor mengatakan, Pasanggiri Membaca Sajak Sunda tersebut merupakan kerjasama Disbudpar Kota Bogor dengan Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) untuk menumbuhkembangkan  Kecintaan kepada  sastra Sunda. Ini juga merupakan bukti bahwa program-program Disbudpar sangat peduli dengan kearifan lokal.

“Peserta terbaik membaca Sajak Sunda pada Pasanggiri ini akan jadi Pembaca Pantun Pacilong pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Bogor pada tanggal  3 Juni nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana. Ace Sumanta menjelaskan, para peserta yang  sudah mendaftar  ada sekitar 35 orang, namun karena banyak  calon peserta yang juga menjadi panitia dalam beberapa kegiatan HJB ke  532,  yang datang hanya  16 orang.

Masih kata Ace, selain membacakan Pantun Ngadegna Dayeuh Bogor karya Pa Cilong, sebagai pantun wajib. peserta juga membaca beberapa sajak karangan para penyair Bogor sebagai  sajak pilihan, yakni Di Panggung RRI karya Pram A. Sastra, Uga Pajajaran ( Ace Sumanta), Bihari, Kiwari jeung Nu Bakal Datang (Dadang HP) serta Mulang karya Ade Sutisna.

Sebagai pembaca terbaik ke 2, Suherman dari SDN Pajajaran, terbaik ke 3 Dini Wardinti (SDN Kesatuan) Dety Suherny (Kesatuan) Neneng T. Yuniarti (SMAN 4), Enggar Dyah Puntadewi (SDN.Kesatuan). Pasanggiri Membaca Sajak Sunda ini juga diisi tampilan pupuh dari murid SD Kesatuan Kota Bogor.(dhp/red)

 
Teks Foti : Foto bersama para Juara Maca Sajak Sunda  dengan Panitia Penyelenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button