Hotel Bakal Berdiri diarea Gedung Bale Binarum Bogor

Bale Binarum dibangun dengan beras perelek

BOGORnews,== Pembangunan hotel semakin menjamur di Kota Bogor.  Kali ini hotel bakal berdiri di area Gedung Bale Binarum di Jalan Pajajaran Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor.  Gedung Bale Binarum yang dibangun dengan menggunakan beras perelek anggota Korpri Kota Bogor tersebut berdiri diatas  lahan milik Pemerintah Kota Bogor.

Gedung yang dikelola Yayasan Korpri Kota Bogor tersebut bakal direvitalisasi yang dibarengi pembangunan hotel dan fasilitas lainnya.  Revitalisasi Bale Binarum akan dilakukan pihak swasta yakni PT. Ficore Properti Andalan. PT Ficore Properti Andalan ditunjuk oleh Yayasan Korpri Kota Bogor dalam bentuk kerjasama BOT (Build, Operate , Transfer) dengan salah satu pertimbangan bahwa PT Ficore bersedia berinvestasi lebih dengan perluasan lahan untuk menampung kebutuhan parkir dan melengkapinya dengan sarana seperti hotel serta fasilitas penunjang lainnya

Peletakan revitalisasi Gedung Bale Binarum dilakukan Walikota Bogor Diani Budiarto didampingi Ketua Yayasan Korpri Kota Bogor, Dody Rosadi, dan Direktur Utama PT. Ficore Properti Andalan, Agustinus Judianto, Minggu (9/3) kemarin.

Diani mengungkapkan bahwa kerjasama untuk revitalisasi gedung Bale Binarum merupakan keputusan yang tepat, hal ini terkait pemanfaatan aset tersebut untuk peningkatan ekonomi serta memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.  “Revitalisasi ini memiliki tiga aspek penting. Pertama, untuk pemanfaatan asset. Kedua, untuk meningkatkan kapasitas penggunaannya sehingga bisa memberikan nilai tambah. Ketiga, untuk menata lingkungan,” jelas Diani.

Menurutnya, dengan lokasi Bale Binarum yang strategis membuka kemungkinan revitalisasi ini ke depannya dapat di sinergikan dengan program Pemerintah Daerah untuk perbaikan kondisi di sekitar, tentunya untuk mendukung sektor pariwisata.

Sementara itu Dirut PT Ficore Properti Andalan, Agustinus Judianto, menyampaikan bahwa pembangunan gedung Bale Binarum ini nantinya akan dibarengi dengan pembangunan hotel.

Untuk mewujudkan rencana pembangunan tersebut, PT Ficore telah bekerjasama dengan konsultan PT Pandega Desain Weharima untuk bidang arsitektur dan juga dengan jaringan Hotel Starwood untuk operasional gedung secara professional.

Agustinus menambahkan bahwa Bale Binarum nantinya akan menjadi gedung yang ramah lingkungan. “Kami mengupayakan agar gedung Bale Binarum efisien dalam pemanfaatan energi sehingga nanti layak memperoleh sertifikat Eco Green Building,” ungkapnya.

Sekedar mengingatkan, Gedung Bale Binarum dibangun semasa Walikotamadya Bogor Suratman.  Peresmian Gedung untuk membantu anggota Korpri dilakukan oleh Gubernur Jabar Yogie SM bersamaan dengan peresmian Stadion Pajajaran di Jalan Pemuda.

Suratman menggagas pembangunan Gedung Bale Binarum untuk membantu anggota Korpri yang  membutuhkan, seperti  untuk keperluan hajatan atau kegiatan-kegiatan lainnya.  Suratman saat itu memberikan potongan harga kepada setiap anggota Korpri yang akan menggunakan Gedung tersebut.

Namun di tengah perjalanannya, seiring dengan pergantian Walikota ke Walikota, Gedung Bale Bale Binarum sepertinya tidak bisa dinikmati sepenuhnya oleh anggota Korpri. (eone)  

 
Foto : Gedung Bale Binarum milik Korpri yang dibangun dengan beras perelek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button