Hirosima Jepang Jajaki Kerjasama Pengelolaan Sampah dengan Kota Bogor

BOGORnews,== Pemerintah Provinsi Hiroshima, Jepang, menggagas kerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor untuk membangun teknologi pengelolaan sampah yang tepat guna dan berbasis 3R. (Reduce, Reuse, Recycle).

Division Director Hiroshima Prefectural Government Takashi Inoue dalam saat melakukan kunjungan ke Kota Bogor, Selasa (29/4/2014) mengatakan, Kota Bogor merupakan salah satu kota penyangga Ibukota. Kota Bogor juga termasuk kota yang memiliki jumlah penduduk yang cukup besar.

“Dengan pemimpinnya yang masih baru dan muda, tentunya memiliki semangat dan kinerja  yang tinggi,” kata Takashi saat berbincang-bincang santai dengan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto  diruang Kerja Walikota.

Deputi Menteri B3 Kementerian Lingkungan Hidup RI Rasio Ridho Sani ikut mendampingi Pemerintah Hirosima ke Kota Bogor. kunjungan Pemerintah Hirosma merupakan salah satu bentuk ajakan kepada para pemimpin untuk membebaskan kota dari masalah persampahan.

“Pada peringatan hari sampah  kami mengajak para pemimpin kota dan kabupaten di Indonesia untuk mendeklarasikan Indonesia Bersih Sampah. Kami juga ingin mengajak agar Kota Bogor memiliki komitmen yang sama dengan pemimpin lainnya,” tambah Rasio Ridho.

Sementara itu Walikota Bima Arya menyambut positif ajakan tersebut. Ke depan, Bima menekankan pentingnya capacity building untuk mengkaji penerapan teknologi persampahan yang tepat guna dan berbasis 3R

“Saya dan seluruh jajaran pemerintah Kota Bogor siap menyatakan komitmen terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Bukan saja karena sudah menjadi prioritas kami tetapi Bogor tidak mungkin bergerak dan berkembang menuju arah yang lebih baik tanpa terselesaikannya masalah lingkungan hidup,” ungkap Bima

Bima menyatakan bahwa masalah yang dihadapi Kota Bogor memiliki dampak bagi sekitarnya. Bagaimana Kota Bogor melakukan koordinasi dibangun dengan Kab. Bogor, Cianjur dan Jakarta. Bima berharap dalam pertemuan selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan bentuk yang lebih konkret. “MOU kita siap tanda tangan sebagai bentuk komitmen kita. Tetapi selanjutnya mari kita proses usulan kerjasama,” ajak Bima.(redaksi)

 
Teks Foto : Tukar Menukar Cindera Mata Walikota Bogor Bima Arya dengan  Division Director Hiroshima Prefectural Government Takashi Inoue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button