Gaya Hidup Modern BAHAYAKAN Balita

Penggunaan perlengkapan bayi dan layar elektronik yang berlebihan dapat menganggu perkembangan fisik dan emosional balita, seperti disampaikan sebuah lembaga.

Organisasi What About The Children? atau Watch? mengatakan gaya hidup modern dapat merusak otak balita.

Para peneliti di lembaga ini menyoroti balita yang ditempatkan di kereta bayi dan mengkaji dampak peningkatan penggunaan telepon genggam pintar dan komputer tablet.

Wartawan Pendidikan BBC, Patrick Howse, mengatakan kondisi itu dapat berdampak pada kehidupan balita.

Watch? mempromosikan pentingnya pendekatan yang aman di tahun-tahun pertama dan pentingnya kasih sayang dalam perkembangan otak anak.

Pembahasan mengenai bagaimana pembentukan emosional, fisik dan kesehatan mental anak dalam tiga tahun pertama kehidupannya, akan bertahan "selamanya".
'Kontak mata, Nyanyian dan berbicara'

Interaksi fisik, hubungan sosial antara anak-anak kecil, dan "pengasuhan yang konsisten dan penuh kasih sayang" merupakan hal yang sangat penting diberikan kepada seorang anak.

Organisasi itu mengatakan dampak kehidupan modern terhadap perkembangan otak bayi dan anak-anak menjadi masalah penting yang harus diperhatikan.

Sally Goddard Blythe, Direktur Institut Psikologi Kesehatan Jiwa, mengatakan pentingnya interaksi sosial.

"Interaksi sosial membantu perkembangan fisik, sebagai contoh kontak mata, nyanyian dan berbicara. Itu tak akan terjadi jika anak-anak duduk di kereta bayi dan ibunya sibuk dengan smartphone," kata dia.

"Anak-anak butuh kesempatan untuk bergerak bebas dan mengeksplorasi".

"Perhatian, keseimbangan dan kemampuan koordinasi dipelajari saat 36 bulan pertama dari pelajaran kognitif di kehidupannya dan akan berkaitan dengan prestasi di sekolah."


Sumber : BBC

Leave a Comment