Forsil RW Ajang Rembukan Warga Kencana Tanah Sareal

BOGORnews,== Forum Silaturahmi (Forsil) RW (Rukun Warga) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kelurahan menjadi ajang untuk menampung aspirasi dan keinginan masyarakat membangun wilayah  Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.
    
“ Kalau musrembang Kelurahan rutin dilaksanakan setiap tahun, sedangkan Forsil RW digelar setiap sebulan sekali, “ kata Lurah Kencana Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor  Syafei seusai memimpin Musrembang Kelurahan tahun 2014 di Aula Kelurahan Kencana  Tanah Sareal, Sabtu (25/1/2014).
    
Syafei mengatakan, musrembang dan forsil sangat efektif untuk menampung keinginan masyarakat membangun wilayahnya. “ Dalam musrembang kita tampung saran dan usulan dari warga apa yang menjadi keinginan mereka untuk selanjutnya disampaikan ke tingkat Kecamatan dan tingkat Kota. “ kata Syafei yang baru menjabat Lurah Kencana dua minggu.
    
“Jadi, musrembang Kelurahan merupakan Musyawarah tingkat Kelurahan untuk mendiskusikan masalah yang dihadapi masyarakat dan merealisasikan program pembangunan Jangka Menengah Kelurahan (RPJMK), “ jelasnya.
    
Safei, menjelaskan, RPJMK suatu dokumen perencanaan pembangunan Kelurahan untuk periode 5 tahun kedepan yang sudah di sepakati bersama di tingkat Kelurahan  RPJMK meliputi Kegiatan Fisik dan non fisik
    
Untuk fisik berupa pembangunan Intrastuktrur seperti Jalan, Pembangunan sarana Pendidikan, Pembangunan sarana keagamaan. Sedangkan non Fisik meliputi dan SDM masyarakat Kelurahan serta bantuan Usaha Kecil Menengah atau Ekonomi Kelurahan.  
    
Selain musrembang, lanjut Syafei, pihaknya menampung aspirasi masyarakat melalui forsil RW.  Dalam forsil RW, kita yang mendatangi setiap RW “Disana kita berdiskusi dengan para Ketua RW dan RT serta tokoh-tokoh masyarakat terkait dengan keinginan masyarakat.    
    
Sementara itu musrembang Kelurahan Kencana digelar Sabtu (25/1) kemarin, yang dihadiri  Kepala Seksi Pengendalian Pembangunan pada Kecamatan Tanah Sareal, Hapid.S, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Surya, Ketua Karang Taruna Ichsanudin serta para Ketua RW se Kelurahan Kencana dan tokoh agama dan tokoh Masyarakat.
    
Ketua LPM Kelurahan Kencana Surya mengutarakan hasil. Musrembang pada tahun 2014  ini, akan direalisasikan pada  Tahun berikutnya yakni tahun 2015.  Sedangkan  hasil musrembang tahun 2013,  yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 terealisasi 7 kegiatan,  dari 11 kegiatan yang diusulkan.
    
Surya mengungkapkan, dari 7 kegiatan pembangunan yang akan direalisasikan  antara lain pembangunan infratruktur jalan setapak, jalan lingkungan dan jalan protokol dengan anggarannya mencapai sekitar Rp505.220.000,- Sedangkan pada tahun sebelumnya nilai kegiatan pembangunan yang terealisasi di Kelurahan Kencana mencapai Rp8 miliar. (redaksi)
 
Teks Foto : Lurah Kencana Tanah Sareal Syafei (berdiri) dan LPM Kencana dalam acara Musrembang Kelurahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button