Empat Balita dinobatkan Sebagai Balita Sehat Kencana

 

Aku anak sehat
Tubuhku kuat.
Karena ibuku
Rajin dan cermat
Semasa aku bayi
Selalu di beri asi
Makanan bergizi
dan imunisasi ………..  dst.

Itulah sebagian lirik lagu Aku Anak Sehat untuk memompa semangat para orang tua dan balitanya  yang mengikuti Lomba Balita Sehat  dalam rangkaian memperingati Hari Kartini tahun 2014, yang digelar Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, Rabu (23/4/2014) lalu.

Antusias Ibu – Ibu Kencana mengikutsertakan anak balitanya mengikuti Lomba ini luar biasa, sejak pagi hari mereka sudah berkumpul di  Kantor Kelurahan yang menjadi tempat lomba.  

Satu persatu para  peserta diuji oleh 4 tim penilai dengan melibatkan dokter umum, dokter gigi, ahli gizi dan bidan. Ke-4 tim penilai yaitu dr.  Deasy Triwahyuni, drg. Aditia,  Emi (Gizi), dan Bidan Endah semuanya dari UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Puskesmas Kayu Manis. “Ada 20 balita dari 13 RW di Kelurahan Kencana mengikuti lomba yang rutin digelar setiap tahun, “ kata Lurah Kencana Kecamatan Tanah Sareal Syafei R.   

Menurut Syafei,  lomba Balita Sehat tersebut merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Bogor. Kegiatan ini dikaitkan pula dengan peringatan Hari Kartini dan menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) yang akan diperingati 3 Juni mendatang.

Dari 20  peserta, kata Syafei,  dibagi dua katagori yakni Katagori 6-24 bulan dan katagori usia 2-5 th.  Pemenang lomba akan mewakili Kelurahan Kencana ke Lomba Balita Sehat Tingkat Kecamatan Tanah Sareal.

Syafei menyebutkan,  lomba Balita Sehat Kencana dimaksudkan untuk memotivasi para Ibu dalam mengurus anak-anaknya. Selain itu untuk memacu para keluarga berbuat Prilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).
 
dr. Deasy Triwahyuni salah satu tim penilai menjelaskan, kriteria  penilaian meliputi pemeriksaan berat  dan tinggi badan balita, gizi balita dan tumbuh kembang balita.  Selain itu penguji pengetahuan sang Ibu tentang pengetahuan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). “ Jadi, kita juga menguji pengetahun ibunya yang berhubungan dengan PKK, “ kata dia.

Dari 20 peserta lomba,  empat  balita terpilih  menjadi Balita Sehat Kencana.  Untuk katagori usia 6-24 bulan yang diikuti 11  peserta juara pertama diraih  Sanon Talita, juara kedua dan ketiga M. Diffa, dan Azzanty Sauqi.  Sedangkan untuk katagori 2-5 tahun yang diikuti 9 peserta  panitia menobatkan Regina P sebagai Balita Sehat. (redaksi)

 
Teks Foto : Lurah Kencana Syafei R menyerahkan hadiah kepada Juara pertama Juara Balita Sehat Tingkat Kelurahan Kencana 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button