Dua Toko di Kawasan Jembatan Merah Bogor Terbakar

BOGORnews, == Kebakaran terjadi di Jalan Merdeka, Jembatan Merah, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor, Kota Bogor, Kamis (10/04/2014). Kebakaran yang menimpa swalayan Pakaly dan toko mebeul Solite, terjadi sekitar sekitar pukul 03.00 WIB.  Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Terkait dengan peristiwa kebakaran tersebut Walikota Bogor Bima Arya yang menyaksikan langsung proses pemadaman mengatakan, untuk mempercepat informasi ke Pemadam Kebakaran kedepan,  dibutuhkan sistem komunikasi dan informasi yang cepat, sehingga warga bisa langsung menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Jadi, dalam waktu dekat saya minta ada hotline satu saja yang mudah diingat nomernya. Satu nomor untuk emergency apapun, entah itu kebakaran,  longsor ataupun banjir dan ini harus dilaksanakan cepat," ujar Bima.

Selanjutnya, kata Bima, evaluasi tentang  akses ke TKP, juga alat-alat penanganan kebakaran. “Saya lihat tidak akses masuk, juga alat-alat untuk membongkar pintu masuk ke dalam toko,” jelas Bima.

Bima  meminta kepada Dinas Pengawasan, Pembangunan dan Pemukiman (Wasbangkim), dalam memberikan perizinan harus dikaitkan dengan kesiapan untuk menyediakan akses darurat, seperti tangga darurat atau untuk evakuasi atau untuk akses pmadam kebakaran masuk “Selain itu hydran juga harus ada di titik-titik yang rawan, ” pintanya,

Mengenai personil Bima mengatakan, personel yang ada sekitar delapan puluhan dinilai masih cukup memadai, Tapi,  diperlukan tambahan unit kendaraan, dimana saat ini yang dimiliki UPTD sudah sangat tua, jadi diperlukan kendaraan yang lebih modern bisa lebih menjangkau. Nanti akan kita carikan solusinya. Jika dalam APBD belum ada kita akan carikan solusinya,” pungkas Bima

Sementara itu, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Suyitno menjelaskan, bahwa delapan unit kendaraan yang diturunkan itu enam dari Kota Bogor dan dua bantuan dari Kabupaten Bogor. Sedangkan personel yang diturunkan sekitar 50 personel gabungan Kota dan Kabupaten Bogor. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 4.45 WIB. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button