Disperindag Kota Bogor Sidak SPBU

BOGORnews,== Guna mengantisipasi kecurangan dalam pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU di Kota Bogor pada Rabu (22/1/2014).
    
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor Bambang Budianto  mengatakan, pihaknya melakukan sidak, menyusul keluhan dari masyarakat  karena adanya tera meter di sejumlah SPBU di Kota Bogor yang tidak sesuai dengan volume bahan bakar yang keluar.  
    
“ Sebetulnya, ini sudah menjadi program Disperindag, setiap sebulan sekali, Tapi, jika ada laporan dari masyarakat  kami langsung melakukan pengecekan kesetiap SPBU, “ kata Bambang.
    
Bambang memastikan, bahwa  pengawasan terhadap SPBU merupakan tanggung jawab pemerintah, pemilik SPBU, dan masyarakat itu sendiri. " Jika masyarakat memang menemukan tera meter SPBU yang mencurigakan maupun volume tabung gas yang dibeli berbeda dengan biasanya, untuk tidak segan-segan melaporkan kepada kami, dan kami akan melakukan tindakan tegas sesuai Undang-undang yang berlaku” tegasnya.
    
Dalam sidak kali ini sasarannya antara lain, SPBU di wilayah Kecamatan Bogor Barat seperti Pasir Kuda, Bubulak, Sindangbarang Loji, Gunung Batu, dan Cemplang Cilendek Barat.
    
Dari hasil pengecekan, terhadap tera meter  dinilai  masih layak untuk melayani pengisian yaitu 10-60 ml/20 liter. Karena standar batas kesalahan yang diijinkan adalah -100 ml/20 liter.   Sedangkan standar Paling besar -60 dan paling kecil adalah -10. 
 
“ Jadi, kalau hasilnya diatas jumlah 100 ml/20 liter, maka sudah pasti kami  tegur dan meminta pemilik SPBU melakukan perbaikan karena sudah merugikan konsumen," pungkasnya. (redaksi)
 
Teks Foto : Petugas Disperindag Kota Bogor melakukan mengecekan Tera Meter SPBU 
Foto : Muhammad Sanusi Staf Disperindag 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button