Dinkes Kota Bogor Deteksi Kesehatan Warga Kencana

BOGORnews, == Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan pemeriksaan kesehatan warga Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.   Pemeriksaan Kesehatan tersebut  dimaksudkan untuk mendeteksi dini terhadap penyakit tidak menular yang diderita warga Kelurahan Kencana.

Pemeriksaan Kesehatan yang melibatkan belasan petugas dari Dinas Kesehatan dan Kader Posyandu diwilayah tersebut, dilakukan di Posyandu  RW 09 selama dua hari Selasa dan Rabu (28-29/4/2014).

“Sesuai target dari Dinas Kesehatan ada 400 warga yang diperiksa kesehatannya, “ kata Lurah Kencana Syafei R, di Kantornya Rabu (29/4/2014).

Menurut Syafei, deteksi dini penyakit tidak menular ini merupakan program dari Dinas Kesehatan Kota Bogor yang melibatkan dokter, para medis dari Dinas Kesehatan dan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Puskesmas Kayumanis. Selain itu juga dibantu oleh kader – kader Posyandu Kelurahan Kencana.

Syefei menyebutkan, pemeriksaan kesehatan sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala penyakit yang diderita oleh seseorang. “ Kita berharap program tersebut  bisa terus berlanjut dan  tidak hanya sebatas kepada 400 orang, tapi semua warga, “ ujar Syafei.

dr. Deasy Triwahyuni dari UPTD Puskesmas Kayumanis mengatakan, deteksi penyakit tidak menular gratis, karena merupakan program rutin dari Dinas Kesehatan Kota Bogor.  Program tidak hanya di Kelurahan Kencana sebelumnya telah dilakukam di Kelurahan-kelurahan lainnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukannya  antara lain melalui wawancana. “Kita tanya kepada pasien tentang riwayat penyakitnya, riwayat penyakit keluarga.  Kemudian, faktor resiko yakni prilaku dirinya mengkonsumsi makanan, “ urainya.

Selain itu, kata Deasy, pihaknya juga melakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, tekanan darah dan lingkar perut.  “ Setelah semuanya diperiksa kita  membuat score.  Apabila ditemukan adanya gejala penyakit kita anjurkan  kepada  mereka untuk diperiksa di Laboratorium Kesehatan, “ kata Deasy.

Deasy menambahkan, dari hasil pemeriksaan, penyakit yang diderita warga kebanyakan hypertensi, diabet, dan  jantung.(redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button