Dari Pameran Mini Hingga Patung Petani

Kelurahan Kencana Bersaing

BOGORnews,== Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor bersaing untuk memperebutkan yang terbaik dalam ajang lomba kelurahan tingkat Kota Bogor tahun 2014. Kelurahan Kencana berebut dengan lima kelurahan lainnya untuk bisa lolos mewakili Kota Bogor dalam ajang lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat.
 
Setelah Kelurahan Sidangrasa Kecamatan Bogor Timur dan Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan dan Keluraha Tegal Lega dinilai tim , giliran Kelurahan Kencana dinilai tim penilai Kota Bogor, Rabu (26/2/2014) kemarin.

Masyarakat Kencana menyambut antusias kedatangan tim ke wilayah yang berbatasan dengan wilayah Cilebut Kabupaten Bogor tersebut. Tim yang berjumlah 20 orang dipimpin  Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Partisipasi Masyarakat (PKPPM) pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Bogor Amik Herwidyastuti datang ke Kelurahan Kencana sekitar pukul 13.00 wib.   Sebanyak 13 Ketua RW dan para ulama dan tokoh masyarakat Kencana menyambut kedatangan tim.

Sejumlah kerajinan dan makanan dan hasil produksi warga Kencana  ditampilkan dalam pameran mini yang digelar di halaman Kantor Kelurahan. Kerajinan yang ditampilkan dalam pameran mini itu antara lain boneka, sedangkan makanan produksi warga Kencana  yaitu ikan lele yang diasap. Selain itu juga ada buah jambu hasil pertanian warga setempat.

Menariknya lagi, Ichsan salah satu warga Kencana memberikan hiburan segar  kepada tim dan tamu undangan yang hadir.  Ichsan melakukan aksi happining art atau humanoid yang menyulap dirinya  menjadi patung ala seorang petani di Kelurahan Kencana.  Ichsan  membawa cangkul dan bertopi ala petani serta  sekujur badannya dilumuri Body Painting sehingga mampu menghibur yang hadir. “ Ini untuk menghibur tim dan undangan yang hadir, “ kata Ichsan yang juga Ketua Karang Taruna Kelurahan Kencana

Mengenai dipilihnya Kelurahan Kecana mewakili Kecamatan Tanah dalam lomba  kelurahan tingkat Kota Bogor Camat Tanah Sareal Irwan Gumelar mengatakan, dipilihnya Kelurahan Kecana mewakili Tanah Sareal untuk lebih memacu aparat kelurahan dalam meningkatkan kinerjanya.

“Kita sengaja memilih Kelurahan Kencana agar tim dari Pemerintah Kota Bogor melakukan pembinaan dan memberikan masukan–masukan yang terbaik sehingga memacu aparat Kelurahan untuk meningkatkan lagi kinerjanya, serta masyarakatnya ikut berperan aktif membangun wilayahnya. “ kata Irwan.

Lurah Kencana Syafei R. memamaparkan wilayah Kelurahan Kencana dengan jumlah penduduk 14.027 jiwa dengan 13 RW dan 63 RT dikenal sebagai wilayah dengan masyarakat yang religius.  Selama tahun 2013 lalu, belanja pembangunan melalui APBD mencapai Rp175 juta, dan belanja Kelurahan mencapai Rp110 juta.

Ketua LPM Kelurahan Kencana Surya menambahkan, bahwa hal yang membanggakan tingkat partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya melalui swadaya masyarakat.  “Banyak pembangunan sarana keagamaan seperti masjid dan musholla dari swadaya  masyarakat. Bahkan, ada pembangunan jalan di wilayah kami murni dari swadaya masyarakat dengan dana mencapai Rp130 juta, “ kata Surya.

Kepala Bidang PKPPM pada BPMKB Kota Bogor Amik Herwidyastuti menjelaskan,  ada  8 indikator yang telah ditentukan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2007 dalam penilaian lomba kelurahan  yaitu indikator bidang pendidikan, bidang kesehatan masyarakat, bidang ekonomi masyarakat, bidang keamanan dan ketertiban, bidang partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, bidang lembaga kemasyarakatan, dan indikator bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.(redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button