Cara Sholat Istiqoroh: Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah yang Benar

Apakah Anda sedang bimbang dalam mengambil suatu keputusan? Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan sholat istiqoroh. Sholat istiqoroh adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil sebuah keputusan. Berikut ini adalah tata cara sholat istiqoroh yang benar:

Doa Sholat Istiqoroh

Sebelum memulai sholat istiqoroh, bacalah doa istiqoroh terlebih dahulu. Berikut ini adalah doa sholat istiqoroh:

Allahumma inni astaakhiruka bi ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as’aluka min fadhlika al-adheem. Fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna [sini tempat kebingungan atau keputusan yang akan diambil] khairun li fi deeni wa ma’aashi wa ‘aqibati amri faqdirhu li wa yassirhu li thumma baarik li fihi. Wa in kunta ta’lamu anna [sini tempat kebingungan atau keputusan yang akan diambil] sharrun li fi deeni wa ma’aashi wa ‘aqibati amri fasrifhu ‘anni wasrifni ‘anhu waqdir liyal khaira haithu kaana thumma ardini bihi.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku meminta kepada-Mu dari karunia-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berdaya, Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa [sebutkan kebingungan atau keputusan yang akan diambil] baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka takdirkanlah untukku, mudahkanlah jalannya, dan berikanlah berkah di dalamnya. Dan jika Engkau mengetahui bahwa [sebutkan kebingungan atau keputusan yang akan diambil] buruk untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka jauhkanlah aku darinya, dan jauhkanlah ia dariku, dan takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja ia berada, kemudian jadikan aku ridha dengannya.

Tata Cara Sholat Istiqoroh

Setelah membaca doa istiqoroh, Anda bisa memulai sholat istiqoroh dengan tata cara sebagai berikut:

1. Sholat Sunnah Dua Rakaat

Sholat istiqoroh dilakukan setelah sholat sunnah dua rakaat. Lakukan sholat sunnah dua rakaat seperti biasa.

2. Membaca Doa Istiftah

Setelah sholat sunnah dua rakaat selesai, bacalah doa istiftah seperti biasa.

3. Membaca Doa Istiqoroh

Setelah doa istiftah selesai, bacalah doa istiqoroh yang telah disebutkan di atas.

4. Membaca Doa Akhir Sholat

Setelah membaca doa istiqoroh, lanjutkan sholat dengan membaca doa akhir sholat seperti biasa dan selesai.

FAQ

1. Apa itu sholat istiqoroh?

Sholat istiqoroh adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil sebuah keputusan.

2. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat istiqoroh?

Waktu yang tepat untuk melakukan sholat istiqoroh adalah setelah sholat sunnah dua rakaat pada malam hari atau setelah sholat Dhuha.

3. Apakah sholat istiqoroh harus dilakukan secara berjamaah?

Sholat istiqoroh tidak harus dilakukan secara berjamaah, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau di masjid.

Leave a Comment