Cara Menyenangkan Agar Jantung Anda Sehat

Cara Menyenangkan Agar Jantung Anda Sehat – Serangan jantung adalah salah satu penyebab kemantian yang paling tinggi dinegeri ini bahkan dunia. Sehingga penyakit jantung dapat dikatakan penyakit yang sangat menakutkan bagi siapa saja, terlebih penanganan penyakit ini tergolong tindak penanganan yang mengharuskan ekstra cepat. Jika terlambat sedikit saja maka penderita penyakit jantung tidak dapat tertolong lagi.Akan tetapi tahukah anda jika ada cara yang menyenangkan agar jantung anda sehat ? Kali ini BOGORnews akan memberikan informasi bagaimana cara yang menyenangkan agar jantung anda teteap sehat, Simak informasi berikut ini.

Tertawa
Tertawa rupanya membawa manfaat tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan arteri. Menertawakan adegan yang lucu menyebabkan pembuluh darah membesar sebesar 22 persen, menurut sebuah studi tahun 2006 dari University of Maryland. Tertawa menyebabkan jaringan yang membentuk lapisan dalam pembuluh darah Anda menjadi lebih luas, sehingga memungkinkan untuk peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan darah, kata Dr Miller.

“Besarnya perubahan, hampir serupa dengan manfaat yang Anda mungkin peroleh dengan melakukan aktivitas aerobik, bahkan tanpa rasa sakit dan nyeri,” katanya. Miller menambahkan, seseorang harus tertawa setidaknya 15 menit sehari untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut.

Meminum Alkohol
Bagi anda yang non muslim, meminum sedikit alkohol setiap hari sangatlah disarankan. Peneliti asal Denmark telah menganalisis data dengan melibatkan 75.000 relawan dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman alkohol dengan kadar rendah setiap hari, 31 persen lebih kecil mengalami penyakit jantung koroner.

Peneliti berpendapat, konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dapat membantu pembuluh arteri lebih besar dan lentur, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah. Konsumsi alkohol yang berlebihan justeru harus dihindari karena dapat memicu meningkatnya tekanan darah (hipertensi).

Disarankan  untuk membatasi  asupan alkohol setiap hari, yakni tidak lebih dari dua gelas bir (satu gelas sekitar 12 ounce/340ml), atau dua gelas anggur (satu gelas sekitar 5 ounce/140ml, atau dua gelas liquor (satu gelas sekitar 42 ml).

Mengkonsumsi Coklat hitam
Coklat hitam dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, yang secara tidak langsung turut andil dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian di Italia menunjukkan, orang dengan penyakit pradiabetes dan hipertensi berhasil menurunkan risiko penyakit mereka dengan makan 3,5 ons cokelat hitam setiap hari selama 15 hari.

Mereka berhasil menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,5 poin dan diastolik sebesar 4,2 poin, berkat senyawa flavonoid-antioksidan-yang ditemukan dalam coklat hitam. Bahkan pada tahap lebih jauh, kebiasaan ini mampu menurunkan risiko masalah kardiovaskular sebesar 20 persen selama 5 tahun. Tetapi Anda perlu memilih dengan tepat jenis cokelat yang dimaksud. Coklat gelap mengandung lebih banyak antioksidan dan sedikit kandungan gula. Pilih coklat hitam dengan kandungan kakao minimum 65 persen.

Mendengar musik
Musik adalah alat yang sempurna untuk melonggarkan pembuluh darah Anda. Mendengarkan 30 menit sehari musik “berirama homogen” (dengan beat yang kuat), dikombinasikan dengan latihan pernapasan, dapat menurunkan tekanan darah sistolik lebih dari 4 poin setelah 3 bulan, menurut sebuah penelitian di Italia.

Randall Zusman, MD, direktur divisi hipertensi di pusat jantung Massachusetts General Hospital mengungkapkan, menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan 1-2 kali sambil mendengarkan musik (irama lambat), akan membuat rileks pembuluh darah Anda.

Bermain game
Bermain game dapat membuat pikiran tenang dan menjauhkan Anda dari stres. Namun, permainan yang dimaksud adalah video game yang melibatkan Anda turut bergerak aktif, yang menggunakan sensor gerak, seperti misalnya, Nintendo Wii Fit Plus dan Wii Sports Resort.

Timothy Church, MD, ketua komite Physical Activity pada American Heart Association, menyatakan bermain game dengan berbasis sensor gerak seperti olahraga tinju dan jogging, sama baiknya ketika melakukan aktivitas di gym – asalkan Anda bermain dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit seminggu. Aktivitas ini lanjut Church, dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2-5 poin.

Berenang Dipantai
Udara pantai yang asri dapat membuat relaksasi bagi siapa saja dan tentunya jantung anda. Selain sangat baik untuk jantung, air laut yang mengandung garam tinggi ini juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit akan tetapi anda yang memiliki indikasi penyakit jantung, tidak boleh terlalu lelah saat berenang karena jika anda terlalu lelahan maka jantung anda akan berdetak lebih kencang dari biasanya dan serangan jantung akan mudah terjadi

Demikianlah informasi untuk menyehatkan jantung anda dengan cara yang menyenangkan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan tentunya kurangi makanan yang berlemak tinggi dan rokok

Leave a Comment