Cara Menjaga Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Ikan merupakan bahan makanan yang memiliki banyak vitamin. Rasanya yang enak dengan harga terjangkau membuat ikan digemari banyak orang. Namun tidak hanya paham mengolahnya saja, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menjaga ikan agar tetap segar.

Karena selain mudah berbau, ikan juga bisa cepat busuk sehingga perlu disimpan dengan baik.  Penyimpanannya tidak bisa asal agar keawetan ikan terjaga. Oleh karena itu Anda perlu memahami cara menjaganya sehingga selain tetap segar dan tahan lama, khasiatnya masih bisa dirasakan.

Bagaimana Agar Ikan Tetap Segar?

Supaya tetap dapat dikonsumsi dengan nikmat karena kesegarannya masih terjaga. Anda perlu  mengikuti beberapa cara menjaga ikan agar tetap segar di bawah ini agar ikan bisa lebih tahan lama untuk dikonsumsi.

  1. Memilih Kualitas Ikan yang Baik 

Ketika membeli ikan Anda harus memastikan kualitas yang dimiliki. Karena dengan kualitas terbaik, proses pembusukannya akan jauh lebih lama ketimbang ikan dengan kualitas rendah. Untuk mengetahui baik atau tidaknya kualitas  ikan tersebut, Anda bisa mengecek ciri-cirinya sebagai berikut.

  • Memiliki warna terang
  • Warna insang masih merah
  • Dagingnya masih kenyal dan segar
  • Matanya terlihat jernih atau bersih
  • Tidak berbau amis, melainkan berbau asin layaknya ikan air laut
  1. Mencuci Bersih Dengan Air Mengalir

Cuci ikan segera dengan air mengalir sampai bersih. Buang seluruh kotoran seperti lendir, sisik, insang, dan isi perut yang mudah membusuk. Setelah bersih, Anda bisa menyimpan ikan dengan perasan jeruk nipis dan air garam agar baunya tidak terlalu amis.

Selain membuat aroma amis ikan tidak terlalu kuat, perasan jeruk nipis dan air garam mampu membuat ikan lebih awet. Khasiatnya juga tidak hilang karena menggunakan pengawet alami. Yang paling penting Anda sudah benar-benar mencuci ikannya sampai bersih.

  1. Ikan Dipotong Sebelum Menyimpannya

Sebelum disimpan, potong ikan lebih dulu ke dalam beberapa bagian. Anda bisa memotongnya dalam bentuk dan ukuran sesuai keinginan. Sehingga saat ingin diolah tidak perlu repot-repot memotongnya lagi dan menghabiskan waktu lama untuk melakukannya.

  1. Gunakan Wadah Tertutup 

Setelah mencuci bersih seluruh ikan yang dibeli. Masukkan dalam wadah tertutup untuk menghindari bau ikan menyebar kemana-mana. Simpan dengan rapat pada wadah yang kuat.

  1. Gunakan Plastic Wrap Untuk Membungkus Ikan

Selain wadah tertutup, Anda dapat menggunakan plastic wrap untuk membungkus ikan supaya tetap segar. Tapi jangan lupa untuk membuang bersih seluruh isi perut dan mencucinya lebih dulu. Selanjutnya simpan ikan yang sudah dibungkus tadi ke freezer atau chiller.

  1. Simpan di Freezer

Jika sudah menaruh ikan pada wadah tertutup, Anda bisa lanjutkan dengan menyimpannya di freezer. Kesegarannya akan tetap terjaga dan tahan lama. Karena dengan menyimpannya di freezer proses pembusukan dapat berjalan lebih lambat.

  1. Mengatur Suhu Ruang Penyimpanan Ikan

Cara menjaga ikan agar tetap segar selanjutnya yakni dengan mengatur suhu penyimpanannya. Biasanya untuk penyimpanan terbaik suhu yang digunakan adalah tiga derajat celcius atau diatas titik beku. Sehingga kondisi ikan bisa benar-benar segar dan menghambat proses pembusukannya.

  1. Menaruh Ikan Pada Bagian Paling Dalam di Freezer

Pastikan meletakkan ikan di bagian paling dalam freezer. Supaya tidak mudah lembek dan berbau. Karena daging ikan yang baik yakni memiliki ciri yang kenyal sehingga sehat untuk dikonsumsi.

  1. Hindarkan Dari Bahan Makanan Lain

Untuk menyimpan ikan dalam freezer, pastikan  untuk memisahkannya dari bahan makanan lain. Karena bau amis dari ikan dapat mempengaruhi aroma bahan makanan lain. Tidak hanya itu hindarkan juga dari makanan beraroma menyengat agar bau ikan juga tidak terkontaminasi.

  1. Membumbui Ikan

Sebenarnya, Anda juga bisa membumbui ikan lebih dulu sebelum masuk ke freezer. Hal ini bisa membuat cita rasa ikan lebih lezat saat akan dimasak. Bumbunya juga akan lebih meresap dan tahan lama.

Bagaimana Cara Membersihkan Ikan Agar Tahan Lama?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu cara menjaga ikan tetap segar dan tahan lama yakni dengan membersihkan seluruh kotorannya. Baik dari sisik, lendir, insang, dan isi perut. Hal ini bertujuan untuk mencegah pembusukan lebih cepat terjadi.

Sayangnya masih banyak yang membersihkan ikan dengan sembarangan, bahkan ada juga yang belum mengetahuinya sama sekali. Untuk itu perlu kamu ketahui cara membersihkannya dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mencuci ikan
  • Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan ikan
  • Setelah itu, dari arah berlawanan bersihkan sisiknya mulai dari ekor sampai kepala
  • Pastikan menggunakan pisau yang tajam untuk membersihkan isi perut
  • Buat sayatan panjang dari perut sampai bagian kepala untung membuang isi perutnya
  • Lalu, potong tulang sebagai penghubung kepala dan tubuh untuk membuang kepala ikannya
  • Selanjutnya jangan lupa bagian tulang belakangnya dipatahkan lalu dibuang
  • Berikutnya, potong tipis daging ikan dan buang siripnya
  • Langkah terakhir, gunakan air mengalir lagi untuk membersihkan ikan

Setelah semua langkahnya sudah diselesaikan, jangan lupa mencuci tangan supaya tetap steril. Simpan ikan yang sudah dibersihkan pada freezer agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Sehingga tetap lezat saat ingin diolah dan dikonsumsi, apalagi jika sudah dibumbui sebelum disimpan agar bumbu lebih meresap.

Jadi pastikan untuk menerapkan cara menjaga ikan agar tetap segar diatas agar khasiatnya masih bisa dicerna oleh tubuh. Karena ikan mengandung vitamin Niacin, Thiamin, Riboflavin, A, dan D yang sangat baik untuk dikonsumsi. Sehingga Anda perlu mengetahui cara menjaga serta mengolahnya dengan baik dan benar.

Leave a Comment