Cara Melihat Status Akreditasi di PDDIKTI

bogornews.com

0 Comment

Link
Cara Melihat Status Akreditasi di PDDIKTI

Cara Melihat Status Akreditasi di PDDIKTI – Setelah menjalani pendidikan di bangku SMA/SMK/MA/sederajat, tentunya Anda ingin melanjutkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu Perguruan Tinggi. Hal ini membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari pencarian universitas dengan status akreditasi terbaik, penentuan jurusan kuliah, hingga persiapan ujian untuk memasuki kampus yang menjadi pilihan.

3 Tips Memilih Universitas Terbaik

Di Indonesia ada berbagai pilihan kampus yang bisa Anda pilih, mulai dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta. Bagi yang masih bingung untuk menentukan pilihan kampus mana yang ingin dituju, penting untuk mengetahui status akreditasi, baik universitas, jurusan, hingga program studi yang dipilih.

Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai cara melihat status akreditasi di PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Yuk, simak penjelasan pada artikel ini agar Anda tidak kebingungan.

  1. Tentukan Jurusan / Program Studi

Tips pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi terbaik adalah dengan menentukan jurusan atau program studi yang memang menjadi minat dan sesuai dengan bakat yang dimiliki.

Penentuan jurusan dan prodi ini menjadi sangat krusial, sebab akan menentukan pekerjaan di masa depan. Setelah menentukan jurusan dan prodi yang sesuai, barulah Anda bisa mencari informasi status akreditasi dari jurusan yang dipilih.

  1. Pilih Kampus yang Memiliki Akreditasi Tinggi

Setelah mendapatkan pilihan jurusan dan prodi yang sesuai, tentu Anda perlu mencari tahu dimanakah kampus yang menyediakan pilihan jurusan Anda.

Sama hal nya seperti pemilihan jurusan atau prodi, pemilihan Universitas dengan melihat akreditasi atau peringkat kampus menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Sebab, Universitas yang memiliki akreditasi yang tinggi, akan memiliki kualitas belajar yang baik juga.

  1. Pertimbangkan Sarana dan Prasarana yang Terdapat pada Kampus

Jika dari kedua hal di atas sudah sesuai, mempertimbangkan sarana dan prasarana yang diberikan oleh pihak Universitas juga tidak kalah penting untuk calon mahasiswa.

Hal ini sangat membantu proses belajar dan mengajar, sehingga nantinya akan menghasilkan kualitas pendidikan mahasiswa di dalamnya. Universitas terbaik, akan memberikan sarana yang lengkap demi menghasilkan mahasiswa unggulan.

Cara Melihat Status Akreditasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)

Universitas yang baik, bukan hanya dilihat dari dosen pengajar yang mumpuni, fasilitas yang lengkap, maupun pilihan mata kuliah yang menarik. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan status akreditasi yang dimiliki oleh perguruan tinggi dan program studi yang dipilih.

Bukan tanpa sebab, akreditasi merupakan standar evaluasi yang sangat penting bagi semua lembaga pendidikan, yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan RI pada tahun 2005.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui status akreditasi sebelum memilih universitas maupun jurusan. Ikuti beberapa cara melihat status akreditasi di PDDIKTI yang bisa Anda dapatkan melalui komputer atau smartphone, sebagai berikut:

  • Cara Melihat Status Akreditasi di PDDIKTI Melalui Komputer / Laptop
  1. Buka browser Anda, lalu ketik https://pddikti.kemendikbud.go.id dan tekan ‘enter’ untuk melakukan pencarian
  2. Setelah masuk ke halaman utama, lakukan pencarian pada ikon ‘search’ di bagian kanan atas.
  3. Lalu, buatlah pencarian dengan mengetik keyword dengan format ‘Nama Perguruan Tinggi’ ‘Nama Program Studi’ ‘Nama Mahasiswa’ ‘Nama Dosen’ ‘Nomor Induk Mahasiswa’, lalu tekan ‘enter’. Sebagai contoh, ketik Universitas Brawijaya atau Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan.
  4. Setelah di lakukan pencarian, nanti akan muncul beberapa informasi mengenai beberapa pencarian yang dilakukan.
  5. Anda akan menemukan status akreditasi (Unggul/B/C) dari universitas yang dicari.
  6. Cara lainnya, Anda bisa membuka link tautan menuju website ‘BAN-PT’ dari website resmi PDDIKTI yang ada pada bagian bawah.
  7. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman utama dari BAN-PT. Pilih opsi ‘Data Akreditasi’, lalu klik bagian ‘institusi (terkini)’.
  8. Nantinya, muncul kolom pencarian ‘perguruan tinggi’, lalu isi kolom yang ada tersebut dengan nama dari perguruan tinggi yang ingin dicari.
  9. Selanjutnya, akan keluar hasil akreditasi universitas yang dicari, mulai dari peringkat kampus saat ini, nomor dan tahun SK, wilayah, tanggal, dan status kadaluwarsa SK tersebut.
  • Cara Melihat Status Akreditasi di PDDIKTI Melalui Smartphone
  1. Buka browser yang tersedia di handphone, lalu ketik https://pddikti.kemendikbud.go.id dan tekan ‘enter’
  2. Setelah masuk ke halaman utama, lakukan pencarian pada ikon ‘search’ di bagian tengah atas.
  3. Lalu, buatlah pencarian dengan mengetik keyword dengan format ‘Nama Perguruan Tinggi’ ‘Nama Program Studi’ ‘Nama Mahasiswa’ ‘Nama Dosen’ ‘Nomor Induk Mahasiswa’, lalu tekan ‘enter’. Sebagai contoh, ketik Universitas Brawijaya atau Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan.
  4. Setelah di lakukan pencarian, nanti akan muncul beberapa informasi mengenai beberapa pencarian yang dilakukan.
  5. Anda akan menemukan status akreditasi (Unggul/B/C) dari universitas yang dicari.
  6. Cara melihat status akreditasi di PDDIKTI lainnya guna mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa klik opsi ‘BAN-PT’ pada menu Link yang tersedia di bagian bawah halaman PDDIKTI.
  7. Setelah masuk ke halaman utama BAN-PT, klik ikon ‘titik tiga’ yang ada pada bagian pojok kanan atas.
  8. Lalu, klik menu ‘Data Akreditasi’, dan klik submenu ‘institusi (terkini)’
  9. Dan, lakukan pencarian pada icon ‘search’ dengan memasukkan nama Universitas atau Program Studi yang ingin dicari.
  10. Nantinya, akan muncul hasil akreditasi Universitas atau Program Studi yang dicari, mulai dari peringkat kampus, status akreditasi Program Studi, nomor dan tahun SK, wilayah, tanggal, dan status kadaluwarsa SK.
  11. Anda juga bisa mendownload sertifikat akreditasi tersebut untuk kebutuhan penting lainnya.

Setelah mendapatkan informasi mengenai cara melihat status akreditasi di PDDIKTI, tentu Anda menjadi tidak bingung untuk memilih kampus/jurusan/program studi yang tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment