Cara Belajar Bahasa Inggris Instan untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Inggris Instan untuk Pemula – Di zaman yang semakin modern, kita juga dituntut untuk menjadi manusia yang modern dan serba bisa, termasuk dalam hal komunikasi.

Untuk mempermudah komunikasi di segala bidang, penting untuk menguasai bahasa asing, salah satunya dengan cara belajar bahasa Inggris. Dalam mempelajari bahasa Inggris, dapat membantu Anda ketika melakukan komunikasi dalam berbagai bidang secara luas.

Sebab, saat ini penggunaan bahasa Inggris dapat digunakan pada berbagai bidang, mulai dari bisnis hingga ke urusan budaya.

Apabila Anda belum mahir dalam berbahasa Inggris, sebaiknya mulai belajar dari hal yang dasar terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips yang akan kami bagikan agar memahami bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Yuk, simak artikel di bawah ini.

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Instan

Agar dapat menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan instan, mungkin Anda dapat menerapkan beberapa tips yang menunjang pemahaman Anda. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan secara otodidak :

  1. Mempelajari Bahasa Inggris dari Film

Apabila Anda mencari cara belajar bahasa Inggris dengan suasana yang fun, mungkin bisa menggunakan cara yang satu ini. Belajar bahasa asing dengan menonton film dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan sekaligus keterampilan dalam berbicara atau pengucapan kosakata bahasa asing. Belajar dari film asing, dinilai sangat berguna untuk komunikasi karena meningkatkan pemahaman dalam penggunaan frasa umum sehari – hari.

Rekomendasi film yang bisa digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan mudah, salah satunya adalah The Incredibles 2. Sebab, film ini terbilang cukup mudah untuk dimengerti serta memiliki alur yang menarik.. Dengan genre komedi dan action membuat film ini sangat seru untuk ditonton.

  1. Memahami Bentuk Kata (Tenses)

Cara belajar bahasa Inggris yang paling mendasar dan penting untuk dipahami adalah bentuk kata atau tenses. Tenses ini merupakan bentuk kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan waktu, baik itu masa lalu, masa sekarang, maupun masa depan. Hal inilah yang membuat pemahaman bentuk kata bahasa Inggris menjadi yang paling mendasar.

Lalu, seperti apa contoh penggunaan tenses dalam satu kalimat? Nah, simak contoh kalimat yang memuat komponen pembentuk tenses yaitu waktu sekarang (Present) dan peristiwa aktivitas yang sedang berlangsung (Continuous) :

  • Eat (Makan) : Jika menggunakan peristiwa yang menunjukkan continuous dan waktu sekarang (present) menjadi I am eating.
  • Sleep (Tidur) : Jika menggunakan peristiwa yang menunjukkan continuous dan waktu sekarang (present) menjadi I am sleeping.
  1. Mendengarkan Musik dalam Bahasa Inggris Sambil Belajar

Belajar bahasa Inggris menggunakan bantuan media musik dapat menjadi sebuah solusi yang menyenangkan, loh! Menurut penelitian yang telah dilakukan, musik dapat mengaktifkan otak kanan dan kiri secara bersamaan. Dengan aktifnya kedua bagian otak secara bersamaan dapat memaksimalkan serta meningkatkan daya ingat seseorang.

Anda bisa mulai dengan mendengarkan lagu – lagu bahasa Inggris yang easy listening dan populer saat ini yang memiliki arti baik dan tidak vulgar. Berikut ini beberapa rekomendasi lagu yang cocok sebagai media belajar :

  • Hello – Adele
  • Love story – Taylor Swift
  • You & Me – James TW
  • Someone You Loved – Lewis Capaldi
  1. Catat Kosakata Baru Setiap Harinya

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba dalam menguasai bahasa Inggris adalah dengan mencari dan mencatat kosa kata baru setiap harinya. Biasakan untuk membawa buku catatan yang dapat digunakan untuk mencatat kata – kata baru dalam bahasa Inggris setelah membaca buku atau mendengar sebuah lagu. Setelah mencatat, Anda bisa mencari artinya dan membaca ulang kosakata secara rutin setelah satu minggu atau satu bulan sekali.

Anda juga bisa menggunakan kosakata dan menyusunnya menjadi satu kalimat. Hal ini dapat menyempurnakan pemahaman bahasa Inggris dalam kehidupan sehari – hari.

  1. Sering Membaca Buku, Artikel, atau Berita dalam Bahasa Inggris

Salah satu cara belajar yang paling efektif adalah dengan rutin membaca buku, artikel, atau berita dalam bahasa Inggris. Ketika membaca buku dalam bahasa asing, Anda sekaligus memperhatikan bentuk kalimat dan kosakata baru. Selain itu, dengan membiasakan diri membaca artikel dan berita asing, lama – kelamaan Anda akan memahami arti dari berbagai kosakata dan pembentukan kalimatnya.

  1. Rutin Menulis dalam Bahasa Inggris

Untuk menjadikan menulis dalam bahasa Inggris menjadi sebuah rutinitas, langkah pertama Anda perlu menyiapkan buku catatan kecil yang bisa dibawa kemana saja. Lalu, setelah membaca setiap buku, artikel, atau berita dalam bahasa Inggris bisa mencari kosakata yang bisa ditulis. Setelah mengumpulkan semua kosakata, Anda bisa mulai rutin menuliskannya 1 kalimat setiap harinya, lalu meningkat menjadi 1 paragraf setiap harinya.

  1. Gunakan Bantuan Aplikasi

Jika, Anda ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak dan meminimalisir pengeluaran biaya, mungkin bisa memanfaatkan aplikasi gratis yang tersedia di gadget Anda. Ada banyak aplikasi yang dapat menunjang pemahaman Anda dalam bahasa Inggris secara gratis. Sebagai contoh, Anda bisa mendownload aplikasi Grammarly untuk membantu dalam membuat tulisan.

Aplikasi ini, dapat berfungsi sebagai corrector untuk memperbaiki grammar atau kosakata di dalam tulisan Anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi DuoLingo yang memang cukup populer untuk mempelajari berbagai bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Pada dasarnya cara belajar bahasa Inggris yang efektif adalah dengan mencari tahu kosakata baru dan mengulanginya secara rutin. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa tips yang kami bagikan di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Comment