Cara Agar Areng Cepat Terbakar

Areng biasa digunakan untuk keperluan memasak makanan yang dipanggang. Misalnya jagung, sate, sosis, ikan bakar, dan lain-lain. Sayangnya areng terkadang tidak langsung terbakar dengan mudah, jadi bagaimana cara agar areng cepat terbakar sehingga bisa segera digunakan untuk memasak.

Apa Itu Areng?

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana areng bisa terbakar dengan cepat, yuk cari tahu lebih dulu apa itu areng. Areng atau Arang adalah hasil pembakaran yang mudah hancur, ringan, serta berwarna hitam. Areng bisa didapatkan dari tulang atau kayu yang dipanaskan.

Karena areng berasal dari komponen karbon maka benda ini menjadi mudah terbakar. Ada beberapa jenis areng yang dapat Anda ketahui sesuai bahannya yakni arang sekam padi, arang kayu, arang tempurung kelapa, arang serbuk gergaji, dan masih banyak lainnya. Umumnya areng akan diperlukan untuk memasak sesuatu yang dipanggang.

Bagaimana Agar Areng Cepat Terbakar?

Areng sebenarnya tidak memiliki cara instan untuk menyalakannya. Karena areng harus dijadikan bara supaya mematangkan masakan yang dipanggangnya. Jadi terkadang membutuhkan waktu lama untuk menghidupkan bahan bakar satu ini supaya bisa digunakan, nah untuk memudahkan pekerjaan ini kami telah merangkum cara agar areng cepat terbakar sebagai berikut.

  1. Menggunakan Torch

Pernah mendengar atau menggunakan Torch? Torch merupakan alat khusus untuk menyemburkan api pada makanan. Api ini yang dijadikan alat pemantik untuk membakar areng supaya menjadi bara. Dengan cara ini areng akan terbakar dengan cepat dan langsung bisa digunakan.

  1. Menambahkan Minyak

Minyak tanah juga dapat membantu arang cepat terbakar. Sayangnya saat ini minyak tanah sulit ditemukan sehingga bisa disiasati dengan menggunakan bensin. Meskipun begitu tetap ada kekurangan pada penggunaan minyak ini karena aromanya dapat tercium di makanan yang dipanggang.

  1. Menggunakan Api Kompor

Cara selanjutnya yakni dengan memanfaatkan api pada kompor di rumah Anda. Caranya sangat mudah dan praktis, yakni letakan arang pada rak kawat lalu bakar arang diatasnya. Gunakan capit untuk membolak-balik arang saat api kompor membakarnya.

  1. Menggunakan Kipas

Mungkin cara ini sudah banyak yang meninggalkannya, karena sangat lama dan tidak efektif. Namun beberapa warung sate masih menggunakan cari ini untuk menghidupkan arengnya agar menjadi bara. Kelebihannya makanan dapat matang merata karena membutuhkan usaha lebih dengan cara satu ini.

  1. Menambahkan Cairan Arang Ringan

Cairan areng ringan ini membantu Anda mendapatkan api. Selain itu cairan areng ringan ini bisa membuat api tahan lama. Anda bisa menuangkannya pada areng di bawah panggangan dan biarkan selama 3 sampai 5 menit supaya meresap.

  1. Membentuk Areng Seperti Piramida

Berikutnya, Anda dapat menyusun arang seperti piramida agar api cepat menyala. Cara ini belum diketahui banyak orang. Dengan bentuk piramida ini, api bisa menyebar secara merata pada bagian bawah panggangan.

  1. Membersihkan Arang

Membersihkan arang juga penting dilakukan supaya api dapat menyala dengan cepat.  Karena saat arang terbebas dari kotoran apa pun dan bahkan tidak basah, arang dapat dengan mudah terbakar. Dengan teknik dan cara dasar yang sudah diterapkan proses pembakaran arang dapat lebih cepat.

  1. Mencampurkan Kayu Kedalam Arang

Kayu yang dicampurkan ke areng tidak pernah gagal membuatnya terbakar dengan cepat. Apalagi daya tahan api biasanya sangat lama. Selain itu dengan menambahkan kayu yang memiliki aroma khas menambah cita rasa masakan semakin menggugah.

  1. Memperhatikan Posisi atau Cara Membakar

Untuk membuat areng cepat menyala, perhatikan posisi atau cara membakar Anda. Biasanya saat daging yang masih mentah pasti memiliki lendir atau air dari lemak yang menetes. Untuk itu usahakan bakar pada bagian tengah panggangan supaya tidak mengganggu penyebaran api.

  1. Membuka Saluran Udara

Nah cara yang terakhir ini juga penting, perhatikan saluran udara saat memasak. Karena jika saluran udaranya tertutup makan areng tidak akan terbakar. Oleh karena itu pastikan seluruh salurannya terbuka.

Tahapan Menyalakan Arang Dengan Cepat

Setelah mengetahui cara agar areng cepat terbakar berikut tahapan menyalakannya supaya bisa Anda ikuti.

  1. Pertama, bersihkan panggangan dan pastikan sudah kering seluruhnya
  2. Selanjutnya buka seluruh lubang atau saluran udara, pastikan kembali tidak ada kotoran atau kerak yang menutupi saluran udara yang nantinya dapat mengganggu proses pemanggangan
  3. Tambahkan kayu agar areng bisa lebih cepat terbakar dan menjadi bara
  4. Jika sudah menambahkan kayu, selanjutnya Anda bisa menyusun areng dalam bentuk piramida. Hal ini bertujuan supaya api dapat menyebar dengan cepat ke seluruh permukaan
  5. Jika dirasa arang belum juga terbakar, Anda dapat menambahkan cairan arang ringan ke atasnya. Cairan ini biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat arang lebih mudah menyala. Tunggu sampai tiga atau lima menit
  6. Berikutnya, Anda bisa membakar arang dengan api jika seluruh tahapan sudah dilakukan namun api masih belum menyala

Akhir Kata

Cara agar areng cepat terbakar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Gunakan cara yang paling mudah menurut Anda. Meskipun sebenarnya tidak ada cara instan untuk membakar arang dengan cepat, namun cara-cara diatas sangat patut untuk dicoba sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menunggu arang terbakar.

Setelah menggunakan pemanggangan, bersihkan dengan benar sehingga tidak berkerak. Karena jika berkerak pemanggangan akan cepat rusak dan membuat proses pembakaran areng jika digunakan lagi akan terhambat. Jangan lupa untuk menyimpannya pada tempat yang aman dan terhindar dari air sehingga tidak berkarat dan basah saat digunakan.

Leave a Comment