Cara Agar Alpukat Cepat Matang

Alpukat merupakan buah yang mudah busuk. Karena hal itu sebelum membelinya pilihlah alpukat setengah matang agar bisa dikonsumsi saat sudah masak. Supaya tidak menunggu lama Anda bisa mengetahui cara agar alpukat cepat matang pada artikel ini.

Mengetahui Tingkat Kematangan Alpukat

Tingkat kematangan alpukat ditandai melalui warnanya. Dari situ Anda dapat mengetahui apakah alpukat sudah matang dan bisa dikonsumsi atau belum. Untuk warna dan artinya antara lain.

  1. Hijau Terang

Warna ini menandakan bahwa alpukat belum matang. Buah ini memang tidak bisa matang sempurna. Namun jika masih berwarna hijau terang biasanya Anda harus menunggu sekitar 4 sampai 7 hari lagi untuk mengkonsumsinya karena rasanya masih hambar.

  1. Hijau Gelap

Nah warna hijau gelap ini atau hampir kecokelatan menandakan bahwa alpukat sudah cukup matang. Rasa hambarnya sudah mulai berubah dan teksturnya menjadi sedikit lembek. Anda sudah bisa makan alpukat ini hanya saja buahnya masih terasa keras.

  1. Hitam

Jika sudah berwarna hitam, alpukat memiliki kematangan yang sangat tinggi. Biasanya ketika dipegang alpukat teksturnya lembek dan sedikit berkerut. Buahnya akan terasa tidak cukup segar dan memiliki bintik didalamnya jadi usahakan untuk segera mengonsumsi buah ini saat warnanya sudah hitam.

Jadi tingkat kematangan ini perlu diketahui agar alpukat tidak terbuang percuma. Karena buah ini hanya mampu bertahan kurang lebih tiga hari saja untuk dikonsumsi. Setelah itu alpukat akan membusuk dan berbau, sayang sekali bukan jika sudah membelinya namun tidak dikonsumsi.

Cara Agar Alpukat Cepat Matang

Kalori alpukat yang rendah membuat banyak orang yang sedang diet mengincarnya. Buah ini rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Komposisi atau kandungan pada 100 gram alpukat terdiri dari:

  1. Vitamin C : 13 mg
  2. Thiamin (Vit. B1) : 0.05 mg
  3. Riboflavin (Vit. B2) : 0.08 mg
  4. Air : 84.3 g
  5. Protein : 0.9 g
  6. Energi 85 Kal
  7. Fosfor 20 mg
  8. Besi 0.9 mg
  9. Kalsium 10 mg

Alpukat bahkan memiliki kandungan lain seperti lemak sehat, kalium, dan serat makanan. Maka dari itu buah ini sangat menyehatkan terutama untuk memenuhi energi dalam tubuh. Untuk memperoleh manfaatnya, akan sangat baik jika mengonsumsi alpukat saat sudah matang penuh.

Cara berikut mampu membuat alpukat cepat matang. Sehingga bisa segera dikonsumsi dan mendapatkan kandungan dari alpukat. Sehingga badan tetap kuat dan berenergi.

  1. Menggunakan Pisang

Cara pertama agar alpukat cepat matang yakni dengan mendiamkannya bersama pisang. Karena pada buah pisang terdapat hormone etilen yang mampu merangsang buah alpukat agar cepat matang. Cukup dengan menggabungkannya dalam satu wadah atau kantong kertas yang akan menjebak gas etilen dan cek secara bertahap.

  1. Masukkan Pada Kantong Beras

Selanjutnya, Anda bisa masukkan alpukat ke kantong beras 3 sampai 4 hari. Pastikan tidak ada celah udara yang masuk agar proses pematangannya cepat. Cek secara berkala, jika alpukat sudah matang biasanya ia hanya akan bertahan 2 hari namun akan lebih lama saat dimasukkan ke lemari es.

  1. Membungkus Dengan Plastik

Agar alpukat cepat matang, Anda juga bisa membungkusnya dengan plastik setelah dipotong. Usahakan untuk membungkus serapi mungkin sampai ke biji alpukat atau bagian tengahnya. Biarkan selama beberapa hari dalam kondisi tersebut, hiraukan bagian yang menghitam karena dalam proses oksidasi sampai dapat dikonsumsi nantinya.

  1. Letakkan di Bawah Sinar Matahari

Berikutnya, alpukat bisa segera matang saat Anda meletakannya di bawah sinar matahari. Cara ini sangat menarik karena suhu hangat dari matahari mampu membuat alpukat matang lebih cepat. Letakkan alpukat pada bagian rumah yang terkena sinar matahari paling banyak, jika sudah matang warnanya akan berubah menjadi hijau tua.

  1. Menggunakan Lakban dan Tisu

Lakban dan tisu juga bisa membantu alpukat agar cepat matang untuk dikonsumsi. Caranya sangat mudah dan praktis, Anda bisa tutupkan tisu pada alpukat dan gunakan lakban untuk mengencangkannya. Jangan lupa sebelum menutupkan tisu, cuci bersih alpukatnya lebih dulu.

  1. Membungkus Dengan Kertas Koran

Selain dengan plastik, Anda juga bisa membungkus alpukat agar cepat matang dengan koran. Jangan sisakan lubang atau celah saat menutupnya agar udara masuk. Tempatkan alpukat pada ruangan bersuhu dingin, jangan lupa cek secara berkala dengan menyentuh daging buahnya.

  1. Mengoleskan Perasan Jeruk Nipis

Cara agar alpukat cepat matang selanjutnya yakni menggunakan perasan jeruk nipis. Caranya dengan mengoleskannya di seluruh permukaan daging alpukat. Lalu taruh kulit alpukat yang sudah dipotong dan pasangkan lagi dengan kencang. Gunakan plastik wrap kemudian masukan kulkas.

  1. Membiarkannya di Atas Meja

Nah cara yang terakhir adalah dengan membiarkan alpukat di atas meja. Kebanyakan orang melakukan cara ini karena tidak terlalu banyak usaha yang dilakukan. Hanya dengan menunggu dan mengontrolnya setiap hari sampai teksturnya melunak.

Lama-kelamaan kulitnya akan berubah menjadi lebih gelap. Saat sudah matang total segera konsumsi alpukat agar tidak membusuk dan kehilangan khasiatnya. Anda bisa mengkreasikan alpukat untuk dijadikan menu makanan apa pun.

Akhir Kata

Nah cara agar alpukat cepat matang bisa dilakukan dengan metode yang unik dan beragam. Anda bisa memilih cara yang paling tepat untuk diterapkan saat ingin alpukat cepat matang untuk dikonsumsi. Alpukat memang buah yang mudah busuk jika dibiarkan saja, untuk itu pastikan selalu mengecek tingkat kematangannya juga meskipun Anda belum ingin mengkonsumsinya dan dibiarkan di meja saja.

Leave a Comment