Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Ramadhan

Bogornews – Puasa Ramadhan tinggal menunggu hari saja dan bagi umat Islam pada khususnya ini adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan penuh hikmah. Dan informasi buah yang baik untuk disantap pada saat berbuka ataupun saur ini dapat menjadi informasi yang berguna bagi anda dan keluarga tentunya.Kurma
Buah Kurma yang Identik dengan Masyarakat Arab ini merupakan buah dari pohon jenis Palma, dalam bahasa arab di kenal dengan nama Tamr dan dalam bahasa Latin buah Kurma memilki nama Latin Phoenix dactylifera, Untuk asal Muasal dari pohon kurma tidak di ketahui secara pasti di mana pohon ini berasal namun banyak yang meyakini jika Pohon Kurma ini berasal dari Tanah sekitaran sungai Efert dan Juga Sungai Nil, Buah Kurma memiliki Kandungan Gula 80% selebihnya mengandung Protein, Lemak, Mineral dan Juga Temaga, Magensium, Besi dan Asam Folat, Buah Kurma Kaya akan Serat, sehingga Nabi Menganjurkan Untuk Mengkonsumsi Buah Kurma ketika akan Berbuka Puasa.Saat ini Buah kurma dapat kita temukan di Super market atau pun di pasar buah yang biasanya menjual buah kurma ini, Jadi Mari sekarang kita melihat 12 Kandungan Buah kurma yang berguna untuk Kesehatan tubuh manusia, silahkan baca di bawah ini.

  • Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
  • Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
  • Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  • Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  • Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
  • Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
  • Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
  • Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  • Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
  • Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
  • Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
  • Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

Semangka
Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Manfaat Semangka Untuk Tubuh

Manfaat Buah Semangka ini sangat banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat menemani program diet anda karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan air yang cukup banyak.
  • Sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisasikan tekanan darah di dalam tubuh kita.
  • Dapat mempergiat kerja jantung.
  • Dapat membantu tubuh kita tetap sehat karena mengandung antioksidan (betakaroten dan vitamin C).
  • Dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras.
  • Dapat menurunkan demam.
  • Dapat mencegah sariawan dengan cepat.
Jeruk
Buah yang selalu populer, karena buah ini tidak ada musiman. Tidak heran jika di pasaran Jeruk selalu ada dan selalu dinikmati para konsumen yang membeli.Beberapa ahli meneliti bahwa jeruk memiliki zat membuat orang ketagihan untuk mengkosumsi jeruk terus menerusan.Selain memiliki zat penagih, jeruk juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat jeruk sudah banyak dicoba ternyata berguna dan terbukti. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Membatu sistem Pencernaan
Serat yang terdapat di dalam jeruk, bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem pencernaan anda lancar. Sehingga jika mengkosumsi jeruk dengan rutin, maka BAB anda dijamin untuk selalu ON.

Membantu Nafsu Makan
Jika ada anak anda atau anda sendiri yang merasa kurang memiliki nafsu makan dari orang normal. Maka anda bisa memanfaatkan buah jeruk sebagai penambah nafsu makan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di buah jeruk, bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari segala penyakit yang akan menyerang tubuh anda.

Mencegah Kanker
Beberapa penelitian banyak membuktikan buah jeruk memang banyak manfaatnya, salah satunya di Australia, meereka meneliti jeruk ternyata bisa mencegah kanker yang dikarena jeruk yang kaya akan vitamin C.

Sumber Kalium
Kalium (potasium) yang terkandung di dalam jeruk, dinyatakan bisa untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa membantu kesehatan tubuh yang lainnya terutama jantung. Osteoporosis ialah tulang yang kekurang kalium. Jadi, dengan mengkosumsi jeruk dengan rutin bisa juga berperan untuk menghindari osteoporosis.

Menghilangkan Sariawan
Rasa yang sedikit asam dari Jeruk, dapat membantu untuk menyembuhkan penderita yang sedang sariawanan.

Mencegah Diabetes
Serat yang terdapat pada buah jeruk, mengandung fruktosa yang dapat memantu kadar gula darah terjaga secara stabil.

Anggur
Buah Anggur merupakan buah yang sangat Elegan dengan bentuk yang solid dan Exsotis ini akan menggoda siapa saja yang melihatnya, dan akan sangat sepadan dengan harganya yang lumayan tinggi di bandingkan dengan buah-buahan lainnya yang ada di Pasaran. Buah Anggur memiliki nama Latin Vitis vinifera atau Vitis labrusca, buah ini termasuk  tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Tanaman Anggur ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Menghilangkan Migran
Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.

Menyembuhkan Sembelit
Kandungan gizi dari buah anggur sangatlah penting untuk menyembuhkan sembelit. Karena anggur mengandung asam organik, selulosa dan gula yang membantu Anda mengatasi masalah sembelit.Memperlambat Penuaan
Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk menunda penuaan. Anda pun dapat memasukkan buah ini ke dalam sarapan pagi Anda secara teratur.Jantung sehat
Anda tak perlu khawatir lagi akan kesehatan Jantung. Karena saat ini Anda dapat menjaga jantung Anda dengan meminum satu gelas jus anggur atau memakannya dalam keadaan mentah. Cara ini sangat efektif untuk menyehatkan jantung Anda.

Mengatur Gula Darah
Anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga anggur diklaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah yang tidak seimbang. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah kanker
Anggur juga kaya akan sumber antioksidan dan anti inflamasi nutris, yang membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang sangat kuat hadir dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

Blewah
Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Buah Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung, dan sebagainya.

Di saat bulan puasa Ramadhan, penjualan blewah dan timun suri relatif meningkat karena telah menjadi semacam tradisi di Indonesia untuk menyediakan minuman buah segar di saat berbuka puasa, yang salah satu bahan utamanya adalah blewah.Beberapa manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh kita, antara lain :

  • Kandungan potassium dalam buah blewah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri, serta sebagai pencahar alami.
  • Vitamin A yang terkandung didalamnya dapat menjaga kesehatan mata dan tulang serta baik dikonsumsi bagi perokok aktif maupun pasif.
  • Kalium yang terdapat di dalam blewah mampu mengendalikan tekanan darah, cocok bagi penderita hipertensi.
  • Blewah juga memiliki indeks glikemik yang rendah (GI), Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah blewah merupakan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, obesitas. Selain itu juga dapat mencegah asam urat.
  • Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakarotennya merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil atau radikal bebas yang dapat mencegah penuaan dini ataupun mencegah kanker.
  • Blewah juga dapat memelihara kesehatan jantung, paru-paru, ataupun pembuluh darah.
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah karena kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan.

Sumber : Beberapa Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button