Bima Minta Guru Promosikan Ikan Kepada Anak didiknya

BOGORnews, == Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto meminta kalangan pendidik di Kota Bogor memberikan materi pendidikan tentang ikan kepada para siswanya. “Ikan harus dipromosikan oleh kalangan pendidik di sekolah-sekolah.  

“Ikan harus masuk sekolah, artinya guru-guru, pendidik pengajar harus memberikan materi pendidikan tentang ikan, Dikantin-kantin sekolah harus didorong untuk ada ikan, “ kata Bima Arya saat pencanangan gemarikan di Plaza Balaikota, Rabu (14/5/2014).

Namun, kata Bima, yang  terpenting lagi peran ibu dalam mengkampanyekan ikan mulai dari ibu rumah tangga sampai tingkat yang lain. “ Saya juga meminta kepada Tim Penggerak PKK serius untuk mengkampanyekan ikan.

Paling tidak dari rumah sendiri setiap hari harus ada ikan. Yang terpenting, lanjut Bima adalah bagaimana mengkampanyekan kemasan pengolahan ikan supaya menarik ketika disajikan.

Bima mengatakan,  konsumsi ikan di Kota Bogor  baru mencapai 26 Kg per kapita per tahun. Padahal ikan mengandung kaya manfaat. Selain kaya dengan asam amino, ikan juga mudah dicerna oleh tubuh. Manfaat ikan yang luar biasa juga bisa mengurangi resiko jantung koroner dan resiko kolesterol.

“Jadi ikan manfaatnya luar biasa. Tingkat konsumsi ikan di Bogor masih harus ditingkatkan sedikit di atas Jawa barat. Tapi agak jauh dibawah rata-rata nasional yang 35 kg perkapita/pertahun

Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor Subur Herdiman mengatakan bahwa sosialisasi gemarikan adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan. Di mana rata-rata konsumsi ikan masyarakat Kota Bogor masih rendah, baru mencapai 26 Kg perkapita per tahun. Meski lebih baik dari rata-rata konsumsi ikan di Provinsi Jawa Barat yaitu 25 Kg perkapita per tahun, namun jauh lebih rendah dari rata-rata konsumsi ikan secara nasional yaitu 30 Kg per Kapita/tahun.

Pelaksanaan Gemarikan dihadiri oleh siswa siswi SDN Polisi I, Polisi 4, Polisi 5 dan SDN Papandayaan sebanyak 250 orang, Kader PKK Kota Bogor sebanyak 150 orang dengan nara sumber dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian.

“Kegiatan ini rutin  setiap tahun dilaksanakan untuk mengingatkan pentingnya mengkomsumsi ikan dengan harapan tidak hanya sebagai himbauan saja, akan tetapi juga dapat merupakan gerakan massal dan masif, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Subur.(eone)

 
Teks Foto : Walikota Bima Arya dihadapan para siswa SD dalam acara kampanye makan Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button