Banyak Bercinta Bisa Merangsang Otak Jadi Lebih Pintar

Siapa ingin pintar tentu harus banyak belajar. Namun jika sudah banyak belajar lalu tidak pintar-pintar, cobalah untuk lebih sering mengajak pasangan berhubungan seks. Menurut penelitian, seks bisa merangsang sel-sel otak.

Para ilmuwan di University of Marryland membuktikan bahwa otak membentuk sel-sel baru setiap kali habis bercinta. Mereka juga membuktikan bahwa kekuatan sel-sel otak yang sudah ada mengalami peningkatan kemampuan mengingat setelah melakukan aktivitas tersebut.

Penelitian untuk membuktikan hal tersebut mereka lakukan pada tikus dewasa yang masih relatif muda. Namun begitu, diyakini kecenderungan yang sama juga akan teramati pada manusia. Memang sulit membuktikannya, sebab tidak mungkin menyuruh manusia bercinta untuk kemudian dibedah otaknya.

Penelitian lain yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa seks bisa melawan efek stres di otak. Stres berkurang, maka pertumbuhan sel-sel otak berlangsung lebih optimal. Namun lagi-lagi, ini adalah penelitian yang dilakukan pada tikus, bukan manusia.

Yang jelas, para peneliti menegaskan bahwa jarang bercinta tidak akan memicu efek sebaliknya. Jika sering bercinta bikin otak semakin pintar, jarang bercinta tidak akan membuat otak menjadi lebih bodoh. Jadi bila tidak punya pasangan, tidak usah terlalu panik.

"Jadi pintar tidak berarti harus banyak bercinta. Remaja yang pintar-pintar biasanya justru menunda hubungan seks," pesan para ilmuwan melalui situs Atlanta, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (15/1/2014).

Lagipula, pertumbuhan sel otak saja tanpa didukung proses belajar juga tidak akan memberikan manfaat apapun bagi kecerdasan. Rajin belajar dan melatih ingatan, tentu lebih memberikan manfaat yang nyata bagi otak dibandingkan sekadar rajin bercinta.

Sumber : Detik Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button