Bahaya Dan Manfaat Telur Setengah Matang

Telur merupakan sumber protein lemak dan mineral dan vitamin yang baik bagi tubuh, Namun masih banyak yang bertanya-tanya mana yang sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, setengah matang, atau rebus dan bagaimana pengaruh pemasakan terhadap nilai gizinya.

Nilai gizi telur sangat lengakap, telur merupakan sumber protein yang baik, kadarnya sekitar 14%, sehingga dari tiap butir telur akan diperoleh sekitar 8 gram protein. Kandungan asam amino proteinya sangat lengkap, sehingga protein telur ( campuran putih dan kuning telur ) sering kali dijadikan sebagai protein “referensi”.

Bila kita anggap nilai biologis telur sama dengan 100 , maka nilai biologis daging sapi hanya mencapai 84, tetapi telur tidak mengandung karbohidrat sama sekali, kadar lipidanya terdiri dari trigliserida ( lemak ), fosfolipit ( termasuk kolestelor ), kadar airnya menyamai kadar air daging 73%.

Telur kaya fosfor dan dan besi tapi kandungan kalsiumya rendah,kedaan seperti ini sama seperti yang dijumpai pada daging. Selain itu telur juga mengandung vitamin B kompleks serata vitamin A&D pada kuning telur,satu butir telur memberikan energi 80 kilokalori.

BAHAYANYA……..

Hindari makan telur mentah karena mungkin terkontaminasi bakteri salmonella. Kontaminasi salmonella dalam telur bisa terjadi melalui kontaminasi tinja yang mengandung bakteri pada kulit telur, mengkonsumsi telur yang sudah terkontamminasi ini bisa menyebabkan anda diare,kram perut serta demam ,,

Salmonella adalah suatu bakteri yang dapat menimbulkan keracunan dengan gejala-gejala seperti mual-mual,muntah,sakit perut,kedinginan,demam dan diare.

Salmonela dapat dinonaktifkan dengan melalui pemanasan selama 3-5 menit pada suhu 56,50 0 C atau 6,2 menit pada suhu 55,50 0 C untuk putih telur, dan untuk telur utuh 60 0 C.

 
Sumber : Beberapa Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button