Angklung Gubrag Sambut Travel Mancanegara

BOGORnews, == Setelah mengunjungi  Istana Bogor dan makan  siang di  Rumah Air, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, Rombongan turis pengusaha travel  biro  yang berjumlah 180 orang dari 12 negara itu, akhirnya tiba di Kampung Budaya Sindang Barang (KBS) Kecamatan Tamansaria  Kabupaten Bogor, Kamis (22/5/2014).  

Rombongan yang diantar Ketua ASITA Bogor, H. Sunarya, para finalis Mojang Jajaka Kota Bogor, pengurus  Persatuan Himpunan dan Restoran Indonesis (PHRI) Kabupaten Bogor serta  jajaran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Bogor ini disambut dengan Angklung Gubrag dan sejumlah seniman serta budayawan Kota Bogor.  Rombongan tamu dari luar negeri ini datang dengan menggunakan angkutan kota dengan dikawal petugas kepolisian  serta diiringi 2 buah ambulans.
 
Meski di sekitar KBS diguyur hujan lebat, para wisatawan ini tetap antusias menyaksikan  tari Parebut Seeng yang didalamnya menggunakan juru-jurus Cimande dan merupakan rangkaian acara dari  upacara serah panganten.

Sementara itu, sesepuh  KBS, Rama Maki Sumawijaya, selain menerangkan sejarah pendirian KBS yang didirikan sejak tahun 2007 ini, juga menerangkan berbagai paket wisata yang ada di KBS.

“Kami menawarkan paket menanam padi, memanen serta belajar berbagai kesenian tradisional seperti kecapi suling, degung serta yang lainnya,”papar Maki di hadapan  para turis.

Selain disuguhkan Angklung Gubrag dan Parebut Seeng, mereka juga menikmati berbagai tarian seperti Tari Kijang, Pencak Silat serta aneka suguhan khas Sunda diantaranya seupan cau (kukusan pisang), ubi serta minun bandrek yang tempat minumnya dari bambu.

“It’s vey nice, I like it. Nice perpormance, nice food and very beuatiful view,” ujar salah seorang turis dari Jepang sambil menunjuk hamparan sawah yang menghijau. Sekedar informasi para turis ini akan menginap dan melangsungkan berbagai transaksi di Hotel Seruni Kecamatan  Cisarua Kabupaten Bogor, serta keesokan harinya, Jumat (23/5) akan mengunjungi Taman Safari  Garden di Kabupaten Bogor. (dhp)

 
Teks Foto : Seni Angklung Gubrag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button