5 Manfaat Minum Kedelai Bubuk

Kedelai bubuk atau sering juga disebut dengan soy protein powder saat ini semakin populer digunakan sebagai bahan olahan makanan dan minuman. Kedelai bubuk sendiri merupakan hasil pengolahan kacang kedelai yang telah dikeringkan dan dihaluskan menjadi serbuk yang dapat dikonsumsi. Selain enak, ternyata kedelai bubuk juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan isoflavon dalam kedelai bubuk diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Kamu bisa mengonsumsi kedelai bubuk dengan mencampurnya ke dalam smoothie atau yogurt. Kamu juga bisa mencampurnya ke dalam makanan seperti roti atau kue.

Kelebihan:

  • Mampu mengurangi risiko penyakit jantung
  • Memiliki kandungan protein yang tinggi
  • Dapat membantu menurunkan berat badan

Kekurangan:

  • Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan
  • Tidak cocok untuk orang yang alergi pada kacang kedelai

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Kedelai bubuk mengandung isoflavon yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis pada wanita.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Kamu bisa mencampurkan kedelai bubuk ke dalam susu atau yogurt untuk meningkatkan asupan kalsium pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kedelai bubuk mengandung isoflavon dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Kamu bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan kedelai bubuk dengan madu dan air. Oleskan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kedelai bubuk mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Kamu bisa mencampurkan kedelai bubuk ke dalam smoothie atau yoghurt untuk menjadi camilan yang lebih sehat dan kaya protein.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kedelai bubuk mengandung senyawa isoflavon dan saponin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Kamu bisa mencampurkan kedelai bubuk ke dalam sup atau masakan lainnya sebagai penyedap dan tambahan nutrisi.

Kedelai Bubuk

FAQ

Apakah kedelai bubuk aman untuk dikonsumsi?

Ya, kedelai bubuk aman untuk dikonsumsi asalkan tidak dikonsumsi berlebihan dan tidak menyebabkan alergi pada kacang kedelai.

Apakah kedelai bubuk dapat menggantikan asupan protein dari daging?

Ya, kedelai bubuk dapat menjadi alternatif sumber protein yang sehat dan rendah lemak jika kamu tidak ingin mengonsumsi daging.

Apakah kedelai bubuk cocok untuk orang yang sedang diet?

Ya, kedelai bubuk dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah kalori.

Apakah kedelai bubuk dapat membantu melawan kanker?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa isoflavon dalam kedelai bubuk dapat membantu melawan kanker, namun belum ada bukti yang cukup untuk mengkonfirmasi hal ini.

Leave a Comment