36 Siswa SMK Terbaik Adu Kompetisi LKS

BOGORnews,== Sebanyak 36 siswa dan siswi SMK terbaik di Kota Bogor akan adu kompetensi, dalam ajang bergengsi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2014 SMK Tingkat jawa Barat, pekan depan. Asisten Adminitrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Azrin Syamsudin melepas keberangkatan kontingen yang akan berlaga, di Ruang Rapat III Balaikota Bogor, Sabtu (26/4/2014).

Sebelum melepas para kontingen, Azrin mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Bogor sangat berbangga. Karena dari 59 bidang kompetensi pendidikan yang dilombakan, Kontingen dari Kota Bogor akan mengikuti 39 materi lomba dalam LKS 2014.

LKS merupakan adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional nantinya akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia).

Menurut Azrin lomba semacam ini memang diperlukan. Karena akan mengasah kemampuan dari anak-anak didik. “Oleh karena itu 39 bidang keahlian kompetensi ini perlu kita tingkatkan terus. Memang tugas berat yang di emban oleh Dinas Pendidikan bersama – sama para Kepala sekolah SMK yang tentunya anak-anak didik ini sudah bisa mengangkat nama daerah Kota Bogor pada 39 bidang keahlian,” ungkap Azrin.

Lanjut Azrin, skill atau kemampuan inilah yang akan diperlukan anak didik nanti. Karena dengan skill yang ada, para peserta didik tidak selamanya harus melanjutkan sekolah lanjutan S1 atau S2. Tetapi bagi siswa yang tidak bisa melanjutkan sekolah, dengan skill yang dimiliki bisa menekuni satu bidang keahlian.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah mengungkapkan bahwa ini adalah salah satu upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Bogor. Maka diadakan model kompetesi antar siswa SMK Se Kota Bogor melalui LKS yang diselenggarakan setiap tahun satu kali mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, provinsi sampai ke tingkat nasional.

LKS SMK ini terdiri dari 59 bidang lomba meliputi, kelompok pariwisata Confectioner/Party Cook, Cooking, Restaurant Service, Beauty Therapy, Ladies and Men’s Hairdressing, Ladies Dressingmaking, Tourist Industry dan Hotel Accomodation.

Kelompok teknologi, IT/Software Application, Autobody Repair, Automobile Technology, Production Machine, Auto Cad/CADD Building, Computer, Aided Drawing and Design (CADD), Electrical Instalation/Commercial, Wiring, Electronic Application, Industrial Control Mechatronic, Refrigeration, Bricklaying Carpentry/Cabinet Marking, Plumbing, Wall and Floor Tilling, Joinery Chemistry  (Kimia Industri) Graphic Design Technology, Web Design, Imformation Technology/Networking Support Welding, Farmacy. 

Kelompok OSTN Matematika Teknologi Matematika non Teknologi Fisika Terapan Kimia, Terapan Biologi Terapan, Kelompok Debat Bahasa, Bahasa Indonesia, Jepang, Jerman, Perancis dan Bahasa Korea, Kelompok Pertanian Fishery Nautica, A Gronomy Livestock, Post Harvest Teechnology dan kelompok O2SN.

Fetty menjelaskan LKS tingkat Kota Bogor telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Maret 2014 dengan 39 materi lomba. Dan saat ini para pemenang dari setiap bidang lomba yang akan bertanding untuk mewakili Kota Bogor ke tingkat Jawa Barat pada tanggal 28 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2014 di Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor. (redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button