Proposal Perdamaian Ditolak, KSPPS Berkah Bersama Bogor Segera Pailit

By Redaksi 03 Sep 2020, 19:43:15 WIB | dibaca: 874 Hukum

Proposal Perdamaian Ditolak, KSPPS Berkah Bersama Bogor Segera Pailit

Keterangan Gambar : Suasana Rapat Voting Proposal Perdamaian


Media Digital Bogor

BOGORnews.com ::: Pada hari ini (3 September 2020) berlangsung Rapat Voting atas Proposal Perdamaian yang diajukan oleh KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah) Berkah Bersama yang berada dalam Proses PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) berdasarkan Putusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 79/Pdt.Sus.PKPU/2020/PN.Niaga.Jkt Pusat.

Rapat Voting Proposal Perdamaian tersebut berlangsung di Ruang Oesman Seno Adji Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, rapat yg dimulai pada pukul 11.00 WIB tersebut, dihadiri oleh sekitar 250 Kreditor yang sebagian besar merupakan Nasabah dari KSPPS Berkah Bersama.

Rapat berlangsung kurang lebih selama 4 jam, dan setelah dilakukan Voting oleh Para Kreditor yang hadir, mayoritas Kreditor menolak Proposal Perdamaian tersebut, sehingga secara otomatis KSPPS Berkah Bersama akan dinyatakan Pailit.

Salah satu alasan penolakan Para Kreditor atas Proposal Perdamaian yang diajukan oleh KSPPS Berkah Bersama selaku Debitor, dikarenakan sejak dari beberapa Rapat Kreditor yang dimulai pada bulan April 2020 hingga rapat yang berlangsung hari ini, Debitor tak kunjung dapat memberikan keterangan dan data-data asli yang valid mengenai laporan keuangan dan aset koperasi, sehingga para Kreditor merasa tidak ada jaminan untuk dapat terlaksananya Proposal Perdamaian, ungkap Eclund Silaban selaku salah satu Kuasa Hukum Kreditor.

Menurut Eclund Silaban, yang juga Ketua Umum KHKI (Kamar Hukum Kepailitan Indonesia) nantinya dalam proses Kepailitan, diharapkan peran aktif dari Walikota Kota Bogor dan Dinas Koperasi & UMKM Kota Bogor selaku lembaga yang berwenang mengawasi KSPPS Berkah Bersama Kota Bogor selama ini, untuk dapat mendukung dan memfasilitasi Tim Kurator dalam menelusuri aset-aset milik KSPPS Berkah Bersama ataupun aliran-aliran dana KSPPS Berkah Bersama agar dana para Nasabah atau Kreditor yang sebagian besar merupakan warga Kota Bogor dapat kembali. *(red/silaban)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Video Terbaru

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Iklan Bogor News