LIPI Kenalkan Teknologi ddPCR Menuju Era Baru Riset Bioteknologi

By Redaksi 29 Okt 2019, 12:52:38 WIB | dibaca: 165 Bogor

LIPI Kenalkan Teknologi ddPCR Menuju Era Baru Riset Bioteknologi



BOGORNews.com:::Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Bioteknologi memperkenalkan teknologi digital PCR dan pemanfaatannya untuk deteksi halal, penyakit, dan produk rekayasa genetika.

Penemuan teknologi Polymerase Chain Reaction (PCR) memasuki era baru dalam menjawab kebutuhan riset bioteknologi. Saat ini telah dikembangkan teknologi PCR generasi ketiga yang disebut Droplet Digital PCR (ddPCR). Sayangnya, penguasaan terhadap teknologi ini di Indonesia masih kurang.

"Teknologi ddPCR masih terbilang gres. Teknologi ini belum banyak yang tahu, jika tahu juga belum banyak yang bisa menggunakannya. Fasilitas ini belum banyak yang punya," ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudamonowati kepada BOGORNews.com,  usai membuka Seminar PCR berbasis Digital (ddPCR), Cibinong, Selasa (30/10/2019).

"Dengan PCR berbasis Digital (ddPCR), kerja para peneliti akan menjadi lebih cepat dan lebih akurat dibanding teknologi yang masih, konvensional"imbuhnya lagi.

Sejak pertama kali ditemukan oleh Kary Bank Mulis pada tahun 1983, 
teknologi PCR telah banyak membantu dalam proses penelitian terkait analisis DNA.

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Puspita Lisdiyanti mengungkapkan teknologi Droplet Digital PCR yang merupakan teknologi PCR generasi ketiga memiliki tingkat sensitivitas tertinggi dibandingkan dua generasi sebelumnya.

"Teknologi ddPCR mampu membantu deteksi sampel DNA dengan 
konsentrasi yang sangat rendah tanpa mengurangi akurasi dan presisinya,"ujarnya.

Selain itu juga, lanjutnya,  mampu mendeteksi keberadaan inhibitor pada sampel dan dapat diaplikasikan pada sampel yang  kompleks.

"Keberadaan teknologi ddPCR diyakini sangat efektif dan sesuai dengan kebutuhan digitalisasi dalam proses penelitian. Data yang dihadirkan dari ddPCR mencerminkan data berupa sinyal positif dan sinyal negatif serta memiliki tingkat sensitivitas dan akurasi tinggi,” pungkasnya. (DimasFery).






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

MDB Radio - Download Now!



Yukk Cari Reseller / Penjual Terdekat dengan tempat tinggal anda. Klik / Cari Disini

Iklan Bogor News

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video
+ Produk Lainnya

PRODUK TERKINI