Ini Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anak di MI Al-Amanah kota Bogor

By Redaksi 07 Jul 2021, 20:59:30 WIB | dibaca: 267 Pendidikan

Ini Alasan Orang Tua Menyekolahkan Anak di MI Al-Amanah kota Bogor

Media Digital Bogor

BOGORnews.com ::: Di masa pandemi covid-19, minat orang tua mendaftarkan putra-putrinya ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Amanah kota Bogor pada tahun pelajaran 2021/2022 meningkat dari tahun lalu. Apa yang mendasari para orangtua menyekolahkan putra-putrinya ke Madrasah Ibtidaiyah Al Amanah setingkat Sekolah Dasar yang beralamat di Jalan Rulita, kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

 

Alasan orang tua tersebut beranggapan bahwa madrasah memiliki mata pelajaran yang variatif, disamping pembelajaran pengetahuan umum ada juga pembelajaran agama Islam yang lebih diprioritaskan.

 

"Ketika kita tanya kepada orang tua siswa, ternyata rata-rata yang mendaftarkan anaknya ke madrasah dikarena menginginkan adanya pembelajaran pendidikan agama Islam yang lebih mendalam, terlebih di masa pandemi seperti ini," kata guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amanah, Asep Zaenuddin, S.Pd.I kepada Bogornews.com.

 

Alasan lain menurutnya, di masa pandemi Covid-19, kesadaran orang tua menyekolahkan anaknya dengan mempertimbangkan bahwa pendidikan agama merupakan pendidikan fundamental dan urgen.

 

"Tentunya orang tua harapan putra putrinya mampu berprestasi bukan hanya dibidang akademik akan tetapi memiliki pemahaman religius," tuturnya.

 

Dia berpendapat bahwa guru di madrasah bukan hanya membimbing dan mengarahkan peserta didik hanya untuk mengejar prestasi akademik semata, namun jauh dari pada itu agar siswa menjadi generasi sholeh dan sholehah dimana pendidikan karakter akhlak menjadi prioritas paling utama.

 

Hingga saat ini yang mendaftar sebagai calon peserta didik mencapai 45 siswa, meningkat dibandingkan pada penerimaan tahun lalu hanya 36 siswa. 

Secara geografis, Madrasah Ibtidaiyah Al amanah berdekatan dengan masjid, dimana praktek pembelajaran keagamaan seperti sholat Dhuha maupun fardhu dapat dipraktekkan secara langsung.

 

Di madrasah ada pembelajaran akidah akhlak seperti bagaimana menghormati orang tua, menghafal surat-surat pendek, selain itu di ajarkan juga ilmu fiqih yang berkaitan dengan bagaimana sholat dan bacaanya serta cara berwudhu yang benar. 

 

"Sebelum pandemi covid-19, sebelum masuk ada kegiatan sholat Dhuha setiap pagi dan membaca surat-surat pendek. Ini merupakan modal dasar yang didapatkan di madrasah sehingga kedepannya anak-anak diharapkan tidak lupa untuk beribadah mengerjakan sholat 5 waktu," ucapnya. *(red/boy)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Video Terbaru

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Iklan Bogor News