Waspadai Garis Hitam di Kuku

By Redaksi 13 Mei 2018, 23:23:02 WIB | dibaca: 96 pembaca 

Waspadai Garis Hitam di Kuku

Mungkinkah Anda memiliki garis hitam pada ibu jari tangan Anda? Bisa jadi ini merupakan adanya gangguan pada tubuh.

BOGORnews.com ::: Kesehatan mahal harganya. Ada sebagian orang yang sadar, bilamana ada rasa atau perubahan yang aneh muncul dari anggota tubuh, pasti ada yang salah di dalam badannya. Bisa jadi itu pertanda dari sakit. Begitu manusia dinyatakan tengah terjaring penyakit, segala macam pengobatan dilakukan.

Kuku, misalnya. Menurut KBBI V, kuku adalah zat tanduk tipis yang tumbuh melekat pada ujung jari tangan atau kaki. Acapkali kuku dianggap sebagai penghias dan pelindung bagi jari tangan dan kaki. Namun, tahukah Anda, bila kuku bisa menjadi pengirim pesan bahwa ada penyakit terselubung bersarang di dalam tubuh?

Contohnya Nurfina Fitri. Mahasiswi Penerbitan ini memiliki garis hitam yang muncul pada kuku jempol kakinya. Tak hanya dia, saudara dan temannya juga memiliki garis hitam serupa, namun pada kuku di jempol tangannya. Nurfina hanya menanggapinya secara biasa dan tak melakukan tindakan lebih. Ia tetap berpikir positif, selama tidak ada keluhan pada garis hitam tersebut.

Benarkah demikian?

Dikutip dari independent.co.uk, ada wanita bernama Jean Skinner, berasal dari Uckfield, Inggris. Skinner merupakan seorang ahli perawatan kuku. Seorang kliennya meminta untuk menutupi garis hitam tersebut dengan cat kuku. Kliennya mengganggap sepele akan hal ini. Beranggapan bahwa garis hitam ini hanya pertanda bahwa ia mungkin kekurangan kalsium, bisa juga hereditas, atau bahkan hanya darah beku.

Lalu, Skinner menyarankan, bahwa ia harus segera menemui dokter. Selang beberapa waktu, wanita ini menghubungi Skinner kembali. Ia mengabarkan bahwa telah didiagnosis melanoma, yaitu kanker kulit agresif, yang telah menjalar ke kelenjar getah beningnya. Skinner menggugah foto kuku kliennya di akun Facebook miliknya, dan postingannya menjadi viral.

Menurut dr. Lili Dwiyani dari alodokter.com, keberadaan garis kehitaman di kuku bisa termasuk kondisi normal ataupun menjadi pertanda awal dari gangguan kesehatan. Kondisi ini tergolong normal pada sebagian besar orang kulit hitam, dan sekitar 10% orang kulit putih. Karena tergolong normal, umumnya tidak memerlukan penanganan medis. “Sebaliknya, kondisi serupa bisa menjadi gejala awal gangguan kesehatan dan memerlukan penanganan khusus,” ujarnya seperti yang dilansir dari laman situs tersebut.

Penyebabnya berbagai macam, misalnya kekurangan vitamin B12, benturan pada kuku, infeksi jamur, dan melanoma subungual. Dari beberapa penyebab tersebut, melanoma subungual yang dianggap paling berbahaya. Melanoma subungual sendiri merupakan kanker kulit ganas, yang hanya menyerang satu kuku. Biasanya, kuku pada jempol tangan lebih sering terkena daripada kuku jempol kaki.

Garis hitam pada kuku sering disalahpahami sebagai sesuatu yang wajar. Orang bisa berpendapat bahwa garis itu didapat ketika jarinya terjepit sesuatu, sehingga pembuluh darahnya pecah dan terjadilah lebam. Anggapan ini belum tentu benar. Untuk mengetahui penyebab pasti, disarankan untuk melakukan pemeriksaan oleh dokter ahli kanker. Diagnosis yang tepat mengenai garis hitam ini tentu diperlukan, karena akibatnya bisa fatal bila hanya dengan dugaan saja.

Penulis
Bagas Taruna Setiawan, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE